Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Maluku mengampanyekan pentingnya kesehatan mental dalam dunia pekerjaan bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Nasional.

"Kampanye kesehatan mental di lingkungan kerja kami lakukan dengan jalan sehat, senam bersama pasien orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dan lomba cha-cha," kata Direktur RSKD Maluku dr Sherly Yakobus di Ambon, Jumat.

Dia menjelaskan secara umum kesehatan mental berperan penting dalam performa dan pencapaian kerja seorang staf atau karyawan.

Apalagi pada era modernisasi saat ini dengan perkembangan zaman yang pesat, katanya, membutuhkan banyak adaptasi bagi karyawan, staf atau pekerja yang lebih tua.

"Contoh saja misalnya guru yang usianya di atas 40 tahun, mereka dihadapkan dengan sistem komputasi yang sulit untuk mereka operasikan. Nah itu membuat mereka bingung akhirnya mereka stres sendiri dan dari stres kecil itu dapat memicu kondisi mentalnya terganggu," katanya.

Ia mengatakan faktor lain yang memicu gangguan mental di tempat kerja, yakni perundungan dan pelecehan seksual.

"Belakangan ini sedang marak kasus pelecehan seksual di lingkungan kerja, baik itu antara atasan ke bawahan, atau sesama teman. Bahkan, seringkali tanpa disadari ada bercanda yang justru mengarah ke pelecehan seksual, apalagi jika dialami wanita maka rentan terkena gangguan mental," katanya.

Selain itu, katanya, perundungan di lingkungan kerja menjadi pemicu gangguan kesehatan mental yang sering dialami para pekerja saat ini.

"Oleh sebab itu para pekerja juga harus bisa meluangkan waktu untuk dirinya sendiri dengan beristirahat atau melakukan aktivitas positif lainnya," kata dia

Disamping itu, kata dia, para pimpinan perusahaan harus profesional dan manusiawi serta membangun kedekatan dan kekeluargaan dengan setiap pekerja, bahkan hingga jabatan yang paling rendah.

"Pimpinan dalam sebuah kantor juga harus mengapresiasi kinerja para pekerja dengan pemberian bonus, acara kumpul keluarga dengan rekan-rekan sekantor, yang mana kegiatan tersebut membangun kebersamaan dan kekeluargaan yang erat, hal itu bisa meminimalkan gangguan mental pada lingkungan pekerjaan," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024