Perumda Tirta Yapono Ambon bersama PT Pelindo regional IV cabang Ambon, melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama suplai kebutuhan air bersih.

"Hari ini dilaksanakan penandatangan kerjasama PT Pelindo dan Perumda Tirta Yapono, untuk suplai air tunggal, karena selama ini menggunakan sumur bor, " kata Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N Kaya, di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, MoU ini bertujuan untuk terpenuhi pendistribusian air bersih terhadap kebutuhan di Pelabuhan Ambon, menjaga keterjangkauan, memastikan ketersediaan, serta menjamin kelancaran pendistribusian.

"Kami berproses dengan General Manager (GM) Pelindo Regional lV Ambon, Mohammad Akira Fauzi. Terimakasih banyak untuk apresiasi kami, kesediaan menggunakan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Yapono sebagai sumber air,

Ia mengatakan, kerjasama dengan Perumda Tirta Yapono sebagai suplai air tunggal, karena dinilai memiliki debit air yang besar dan higienis, mengingat selama ini Pelindo menggunakan sumur bor.

"Kita harus bersyukur karena PT Pelindo merupakan pelanggan prioritas Perumda Tirta Yapono, tetapi sejak 26 tahun lalu telah memutuskan langganan, dan kembali bekerjasama, " katanya.

Ia mengakui, pelanggan prioritas berarti konsumsi air bersih sangat banyak tidak sama dengan pelanggan rumah tangga, karena pelanggan besar tentu memberikan pemasukan bagi daerah.

Pihaknya, telah berkunjung ke Pelindo melihat penampungan air bersih yang cukup besar, akan digunakan untuk distribusi air di kapal yang berlabuh di pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

"Kebutuhan air bersih sangat besar dan itu bisa terjawab dengan masuknya Perumda Tirta Yaponno untuk suplai air bersih, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi PT Pelindo, " ujarnya.

Kesempatan ini juga dilakukan penyerahan deviden pembagian laba perusahaan Perumda Tirta Yaponno Ambon, kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Perumda Tirta Yaponno, selama beberapa tahun terakhir belum menyerahkan deviden, baik keuntungan maupun kerugian perusahaan.

"Hari ini diserahkan deviden walaupun sedikit, tetapi menandakan bahwa perusahaan air minum mulai melangkah untuk menjadi lebih sehat, " ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024