Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian kota besar di Indonesia diperkirakan diguyur hujan, seperti Mataram, Denpasar, Bandung, Manokwari, dan Samarinda.

Dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Sabtu, Prakirawan cuaca BMKG, Maria Klaudiana mengatakan untuk Pulau Jawa, Kota Yogyakarta umumnya cuaca cerah berawan, sementara itu Kota Serang berawan. Di Jakarta, Semarang dan Surabaya umumnya berawan tebal, sementara Kota Bandung diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan.



"Kota Kupang umumnya cuaca cerah berawan, sementara Kota Mataram dan Denpasar diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan," ujar Maria.

Dia mengatakan di Pulau Kalimantan, Kota Pontianak cuaca umumnya berawan tebal, sementara Kota Samarinda diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan.

"Waspadai potensi hujan yang disertai kilat maupun petir yang diprakirakan terjadi di Kota Tanjung Selor, Kota Palangka Raya, dan Banjarmasin," ujarnya.

Sementara di Sulawesi, ujarnya, cuaca Kota Gorontalo, Makassar dan Kendari, umumnya diperkirakan berawan tebal, sedangkan Kota Manado diprakirakan turun hujan dengan intensitas sedang.

 

Dia mengingatkan untuk mewaspadai potensi hujan yang disertai kilat maupun petir yang diprakirakan terjadi di Kota Mamuju dan Palu.

Adapun di bagian Indonesia Timur, Ambon umumnya diperkirakan berawan tebal, sedangkan Kota Ternate, Manokwari, Sorong, Jayapura, dan Merauke diprakirakan turun hujan dengan intensitas ringan, sementara Kota Nabire dan Jayawijaya diprakirakan turun hujan dengan intensitas sedang.

Dalam kesempatan itu, dia menyebutkan adanya potensi banjir rob di pesisir Sumatera Utara, pesisir Jakarta, dan pesisir Jawa Tengah, karena tinggi gelombang laut di wilayah perairan Indonesia diperkirakan umumnya berkisar antara 0,5-2,5 meter.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG sebut hujan bakal guyur sejumlah kota besar RI pada Sabtu

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024