Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Suwandi S. AP. M.M  melakukan kunjungan kehormatan ke Kantor Zona Timur Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku pada Kamis (24/10).

Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama antarinstansi dalam menjaga keamanan wilayah perairan Maluku.

Dalam kunjungannya, Brigjen Suwandi didampingi oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Lantamal IX, Kolonel Laut (PM) Khoirul Fuad.

Keduanya disambut oleh Kepala Zona Bakamla Timur, Laksamana Pertama Bakamla Agam Endrasmoro, serta Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku, Sodikin.

Dalam pertemuan, Brigjen Suwandi melalui siaran pers yang diterima di Ambon, Jumat menekankan pentingnya sinergisitas antara TNI Angkatan Laut, Bakamla, dan Bea Cukai dalam upaya penegakan hukum dan keamanan di laut. 

Menurutnya, kerja sama ini akan menciptakan kekuatan gabungan yang lebih solid dan efektif dalam menjaga ketertiban, terutama di wilayah perairan Maluku yang dinilai cukup strategis.


"Kami sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari Bakamla dan Bea Cukai. Harapan kami, kunjungan ini akan mempererat tali silaturahmi yang sudah terjalin dan memperkuat kerja sama dalam menjaga keamanan di wilayah perairan," ujar Suwandi.

Kerja sama antara Lantamal IX, Bakamla, dan Bea Cukai dinilai  strategis. Sebab, wilayah perairan Maluku yang luas memerlukan pengawasan ekstra untuk mencegah tindakan ilegal dan menjaga ketertiban. 

“Sinergi antarinstansi ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penegakan hukum dan pengawasan di laut,” tambah Suwandi.

Lebih jauh, kunjungan ini juga merupakan bagian dari upaya membangun hubungan yang lebih baik antarinstansi, sehingga tercipta kolaborasi yang lebih erat dalam mengatasi berbagai tantangan keamanan di wilayah maritim Indonesia, khususnya Maluku.

 
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Suwandi S. AP. M.M  melakukan kunjungan kehormatan ke Kantor Zona Timur Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku (Antara/HO-Lantamal IX)

Pewarta: Relis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024