Ambon (Antara Maluku) - DPD Partai Hanura Maluku tidak mau takabur hasil pemilihan legislatif (Pileg) 9 April 2014 karena perhitungan suara masih di tingkat panitia pemungutan suara (PPS).

"Titik terangnya bisa terlihat bila perhitungan di PPK yang dijadwalkan mulai 15 April 2014," kata Ketua DPD Partai Hanura Maluku, Ayu Hindun Hasanussy saat dikonfirmasi di Ambon, Selasa.

Karena itu, para Caleg, kader dan simpatisan Partai Hanura diimbau agar mengawasi perhitungan perolehan suara yang sedang dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan ada praktek tidak sesuai ketentuan perundang - undangan.

"Kami melakukan tabulasi sekiranya hasil perhitungan suara sudah selesai di tingkat PPK karena datanya bisa dijadikan acuan untuk mengetahui kader siapa yang lolos, baik di DPR - RI, DPRD Maluku serta sembilan Kabupaten dan dua Kota," ujarnya.

Diakuinya, hasil Pileg juga berpengaruh terhadap proses pengusungan pasangan Capres - Cawapres yang sebelumnya dideklarasikan Wiranto - Hary Tanoe (WIN - HT).

"Pastinya hasil Pileg mendukung tingkat elektabilitas Partai Hanura yang nantinya memutuskan berkoalisi dengan partai politik (Parpol) mana untuk proses Pipres pada 9 Juli 2014," tegas Ayu.

Dia yang merupakan salah satu dari legislator periode 2009 - 2014 itu mengemukakan, Hanura berusaha bekerja nyata di tengah masyarakat Maluku, baik oleh partai maupun para Caleg.

Pertimbangannya, pemilih memutuskan hak politiknya kepada legislator lama, Caleg maupun partai politik yang senantiasa "dekat" dan memperjuangkan kepentingan umum.

"Jadinya Partai Hanura di Maluku bekerja keras dan peduli terhadap kemanusiaan agar menarik simpati lebih dari 1,2 juta pemilih guna meloloskan kader dan mendukung elektabilitas partai untuk kepentingan Pilpres," kata Ayu.

Dia mengakui, bersama dua kader lainnya yang menjadi anggota DPRD Maluku periode 2014 - 2019 itu juga menjadi Caleg 2014 - 2019 dengan harapan hasil Pileg pada 9 April bisa bertambah dua kursi sehingga memenuhi persyaratan fraksi utuh.

"Hanya saja, kami tidak mau takabur karena perhitungan suara masih di tingkat PPS karena TPS di Maluku yang sebanyak 3.805 unit," ujar Ayu.

Pileg 2009 Partai Hanura berhasil menempatkan tiga kader di DPRD Maluku, sedangkan 18 lainnya di Kabupaten/Kota.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014