Ternate (Antara Maluku) - Sultan Ternate Mudaffar Sjah meraih suara terbanyak untuk calon anggota DPD-RI di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) dari 32 calon anggota DPD untuk kecamatan dari tujuh kecamatan di daerah ini.

Data yang diperoleh pada Sabtu, dari empat kecamatan yang telah menyelesaikan pleno yakni Kecamatan Pulau Ternate, Ternate Selatan, Ternate Utara dan Ternate Tengah.

Sultan Ternate yang juga incumbent ini telah berhasil mengumpulkan 30.221 suara, jumlah perolehan suara Sultan Ternate itu dipastikan akan terus bertambah, karena sejumlah kecamatan yang menjadi basis dukungan Sultan Ternate seperti Kecamatan Hiri, Batang Dua dan Moti belum menyelesaikan pleno rekapitulasi di tingkat PPK.

Berdasarkan hasil pleno rakapitulasi suara tingkat PPK di Ternate yang dilaksanakan sejak Jumat kemarin, Sultan Ternate Mudaffar Sjah yang maju melalui kursi DPD menyapu bersih dengan mendulang 12.021 suara.

Dari hasil pleno yang rekap Mudaffar yang sebelumnya juga menjabat sebagai salah satu anggota DPD periode lalu itu, mengumpulkan 12.021 suara sah dari total 23.118 suara sah di kecamatan Ternate Utara.

Selain di kelurahan Dufa Dufa, Sultan Ternate Mudaffar Sjah memperoleh suara terbanyak pada 2 kelurahan lainnya di Ternate Utara, yakni kelurahan Akehuda dengan jumlah 1.050 suara, Dufa Dufa 2.086 suara dan Tafure 1.209 suara sah.

Sesuai data sebelumnya, calon anggota DPD lainnya yang meraih suara yakni Basri Salama dan Suryati Armaiyn yang juga istri mantan Gubernur Malut Thaib Armaiyn yang keduanya meraih suara 9 ribu lebih.

Sejumlah calon DPD yang incumbent seperti Abdurahman Lahabato dan Stevi Pasimanyeku tidak memperoleh suara secara signifikan di kota Ternate, namun belum diketahui bagaimana perolehan suara mereka di kabupaten lainnya, karena pleno di tingkat PPK di masing-masing wilayah belum tuntas.

Pada kantong-kantong tersebut, istri sultan Ternate, Nita Budhi Susanti, yang maju melalui partai Demokrat untuk DPR-RI, juga memperoleh suara signifikan. Jumlah suara yang diperoleh Nita sebanyak 4.133, untuk seluruh kelurahan yang ada di Ternate Utara.

Sementara itu, Ketua KPU Malut Muliadi Tutupoho membenarkan kalau sejumlah PPK untuk Kota Ternate telah menyelesaikan pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan, tinggal PPK di luar kota Ternate seperti Kecamatan Moti, Hiri dan Batang Dua yang sampai saat ini belum diketahui hasil pleno rekapitulasinya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014