Ambon (Antara Maluku) - Ketua Umum Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Provinsi Maluku, Sam Latuconsina, berjanji memberi "bonus" berupa pekerjaan bagi atlet berprestasi di kejuaraan nasional.

"Pemberian bonus berupa pekerjaan dilakukan agar para atlet yang pernah menyumbang medali emas bagi Maluku tidak pindah ke provinsi lain," katanya di Ambon, Selasa.

Menurut dia, saat ini dua petinju wanita berprestasi asal Maluku mewakili Jawa Barat dan Sulawesi Selatan pada kegiatan nasional.

"Kedua petinju tersebut akan dikembalikan ke Ambon dan akan diberi pekerjaan seperti yang diberikan daerah lain," ujarnya.

Sam mengatakan pihaknya berusaha mengembalikan dua petinju perempuan yang saat ini sementara berada di Bogor dan Makassar.

"Kami berencana memberi pekerjaan jika mereka kembali, yakni ditempatkan di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Ambon. Kami berharap ke depan tidak ada lagi atlet yang berpindah ke daerah lain hanya karena tidak diperhatikan oleh pemerintah daerah," tandasnya.

Ia menjelaskan Pertina Maluku bertekad ke depan tidak ada lagi petinju yang memilih pindah ke daerah lain, apalagi atlet berprestasi.

"Jangan sampai karena usai mengikuti kejuaraan, tidak diperhatikan pemerintah daerah dalam upaya pekerjaan maupun penghargaan, sehingga para atlet beralih ke daerah lain dan menyumbangkan medali," katanya.

Setelah proses pelantikan, lanjutnya, pengurus akan melakukan konsolidasi internal organisasi, serta membangkitkan sasana tinju di kabupaten dan kota di Maluku.

"Saya juga berkeinginan kuat untuk memberikan insetif awal kepada semua pengurus sasana, agar mereka kembali aktif dan selanjutnya kami akan menyelenggarakan kegiatan di daerah," ujarnya.

Diakuinya, walapun pihaknya mempunyai banyak sasana tinju dan atlet tetapi jika tidak ada akan percuma.

"Kami perlu bangkitkan kembali Kejuaran Pattimura Cup yang digelar setiap tahun di Saparua. Saya targetkan akhir tahun akan melaksanakan Kejurda memperubutkan Piala Gubernur Maluku," tandasnya.

Ditambahkannya, prestasi tinju Maluku beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Hal ini tidak boleh terjadi lagi.

"Kami menargetkan akan kembalikan lagi prestasi tinju Maluku, jika kemarin pada PON XVIII di Riau hanya mendapatkan satu mendali emas, maka sekarang harus menargetkan raih tiga emas pada PON mendatang," kata Sam Latuconsina.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014