Ambon (Antara Maluku) - Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (FK Usakti) Jakarta akan melakukan aksi pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut di dua kecamatan di Kota Ambon pada 25-26 Agustus 2014.

"Aksi pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut dilakukan gratis kepada warga dua kecamatan di Ambon, dilanjutkan dengan penyuluhan dan pengobatan," kata Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Treesje Tory Jumat.

Menurut dia, pemeriksaan dan pengobatan gigi dan mulut gratis dilakukan untuk masyarakat umum dan anak-anak di desa Hutumuri, kecamatan Leitimur Selatan dan kelurahan Silale kecamatan Nusaniwe.

Selain pemeriksaan, pencabutan dan penambalan gigi, juga akan dilakukan pemberian obat serta pembagian sikat dan pasta gigi secara gratis.

FK Usakti menargetkan pemeriksaan dilakukan terhadap 1.000 hingga 2.000 warga Ambon, untuk pengobatan akan diklasifikasikan sesuai tindakan, antara lain pencabutan, pembersihan karang gigi, dan penambalan menggunakan sinar.

"Tambal gigi yang dilakukan bukan biasa, tetapi menggunakan sinar. Selama ini masyarakat berfikir tembal gigi menggunakan sinar memerlukan biaya relatif mahal, karena itu kami mencoba membantu masyarakat," katanya.

Menurut Treesje, kegiatan ini merupakan aksi tahunan Fakultas Kedokteran Gigi Usakti guna membantu masyarakat kurang mampu di Ambon.

Selain pengobatan, juga akan melakukan penyuluhan dan penelitian kesehatan gigi di beberapa Sekolah dasar (SD) yang telah ditunjuk.

"Aksi ini akan dilakukan 117 dokter muda dan enam dokter pembimbing," tandasnya.

Ditambahkannya, aksi kesehatan ini selain kota Ambon juga akan dilakukan di desa Walmital kabupaten seram Bagian Barat (SBB).

"Sasaran aksi ini ditujukan kepada masyarakat tidak mampu, lokasi pemeriksaan juga mendapat rekomendasi pemerintah provinsi Maluku dan pemerintah kota (Pemkot) Ambon," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014