Ternate (Antara Maluku) - Pencari kerja di Ternate, Maluku Utara, memadati warung-warung internet (warnet) untuk mencari informasi mengenai seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Salah seorang pencari kerja di Ternate, Wahyuni Muhammad, di Ternate, Rabu, mengatakan dirinya ke warnet guna mendapatkan informasi mengenai seleksi CPNS yang dibuka pemerintah secara "online".

Menurutnya, sejak diumumkan pemerintah pusat melalui panitia seleksi nasional, dirinya bersama beberapa rekannya, rutin mengunjungi warnet guna mendapatkan informasi mengenai pendaftaran seleksi CPNS, meskipun harus antre karena banyaknya pencari kerja yang ingin mencari tahu informasi lowongan dan waktu pendaftaran.

"Dalam sepekan ini, sudah berulangkali saya ke warnet untuk mengecek, tetapi sampai saat ini belum ada informasi resmi pemda yang akan membuka lowongan untuk sarjana teknik sipil," katanya.

Hal senada juga diakui Faraby , salah warga Kelurahan Salero yang ditemui saat berada pada salah satu warnet di bilangan Kampung Pisang.

Menurut Faraby, meski pemerintah pusat telah mengumumkan pendaftaran, namun sampai saat ini, formasi jabatan untuk kabupaten/kota di Maluku Utara, belum dicantumkan.

Dia berharap, pemerintah pusat, dapat segera menetapkan formasi jabatan, sehingga, mereka tidak terlambat untuk mendaftar.

Sementara itu, Imam Nahrawi salah seorang pengelola warnet di Ternate ketika dikonfirmasi mengakui, tingkat kunjungan masyarakat ke warnet dalam beberapa hari terakhir ini, meningkat tajam, terutama pada hari libur akhir pecan seperti ini.

"Biasanya, kata Imam, dalam sehari, jumlah pengunjung warnet hanya berkisar 20 sampai 30 orang, namun dalam dua hari terakhir, jumlahnya naik tiga kali lipat," katanya.

Ia mengatakan, setiap hari lebih dari 40 sampai 50 orang ke warnet dan rata-rata website yang mereka buka berkaitan dengan CPNS.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014