Ambon (Antara Maluku) - Pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Ambon terus meningkat sejak pertengahan tahun 2014, kata Kepala Imigrasi Kelas I Ambon Nanang Koesdarjanto.

"Sekarang ini pembuatan paspor umum dalam satu hari bisa mencapai 10 hingga 12 buah buku paspor, cukup meningkat jika dibanding dengan awal tahun walaupun harga paspor sekarang ini sudah naik," katanya di Ambon, Rabu.

Termasuk pembuatan paspor bagi para jamaah calon haji (JCH) tahun 2014, lanjutnya, baik yang berasal Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat(SBB), Seram Bagian Timur (SBT) Maluku Tengah dan Kabupaten Buru dan Buru Selatan.

"Apalagi pembuatan paspor sekarang sekarang ini tidak terlalu berbelit - belit, masyarakat cukup mendatangi Kantor Imigrasi mendaftar langsung di wawancara oleh petugas Imigrasi dilanjutkan dengan pengambilan foto dan sertai surat keterangan guna melakukan pembayaran di Bank (BNI 46 Cabang Ambon)," ujarnya.

Setelah yang bersangkutan membayarnya di bank dua hari kemudian sudah bisa datang lagi ke Kantor Imigrasi untuk mengambil buku paspor dengan menunjukan surat bukti pembayaran di Bank," ujarnya.

"Walaupun ada masyarakat yang belum sempat membayar di bank dalam kurung waktu dua atau tiga hari dan kemudian satu minggu baru dilunasi tidak ada masalah, yang terpenting yang bersangkutan mendatangi Kantor Imigrasi sambil membawa bukti pembayaran di bank langsung diberikan buku paspornya," ujarnya.

Jadi tidak memakan waktu yang lama, cukup dua hari saja sudah bisa memiliki paspor, lanjutnya, tidak seperti yang sebelumnya dimana masyarakat harus bolak balik Kantor Imigrasi hingga empat kali.

Terkait biaya pembuatan paspor juga sudah naik dari Rp255.000 menjadi Rp355.000/buah, ini sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 45 Tahun 2014 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan sudah mulai berlaku sejak tanggal 3 Juli 2014.

"Pembayarannya juga tidak langsung di Kantor Imigrasi Ambon tetapi di Bank yang sudah ditentukan yakni BNI 46 Cabang Ambon," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014