Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 25 anggota DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku, dijadwalkan dilantik pada 26 September 2014, kata Ketua setempat Kisman Kilian, Kamis.

"Kami juga telah melakukan pembekalan agar legislator memahami tugas dan kewenangannya sehingga bersinergi dengan eksekutif membangun kabupaten ini," ujarnya.

Pemilu legislatif 2014 menempatkan kader Partai Golkar sebagai calon Ketua DPRD Seram Bagian Timur periode 2014-2019.

Partai Golkar perolehan suaranya lebih banyak dari Partai Demokrat dan Gerindra yang masing-masing mendudukkan tiga legislator.

"Pastinya pimpinan DPRD itu ditetapkan melalui rapat paripurna setelah pelantikan," kata Kisman.

Mengenai kader Partai Golkar, Demokrat dan Gerindra yang menjadi pimpinan DPRD, dia menjelaskan, itu kewenangan masing - masing partai politik (Parpol).

"Pastinya mendapatkan keputusan dari masing-masing DPP Parpol tersebut yang telah melakukan tes kepatutan dan kelayakan," ujarnya.

Ketua DPD Partai Golkar Seram Bagian Timur Mukti Keliobas diinformasikan telah disetujui DPP untuk menjadi calon Ketua DPRD setempat.

Mukti saat ini juga sedang berproses untuk menjadi bakal calon Bupati Seram Bagian Timur periode 2015-2020.

Dia diinformasikan bersaing dengan Sektetaris DPD Partai Golkar Maluku, Fatani Sohilauw yang gagal terpilih kembali menjadi legislator 2014 - 2019.

Fatany, sebelumnya adalah Ketua DPRD Maluku periode 2009-2014.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014