Namrole Antara Maluku Sebanyak 120 personel Polres Pulau Buru, Maluku, mengamankan pelantikan 20 anggota DPRD Buru Selatan hasil Pemilu 9 April 2014, Senin.

"Kami mengerahkan 120 personel untuk mengamankan seluruh tahapan pelantikan dan pengambilan sumpah 20 anggota legislator Buru Selatan terpilih. Pengamanan terpusat di gedung DPRD Buru Selatan saat berlangsung rapat paripurna istimewa," kata Kabag Ops Polres Pulau Buru, Agung Tribawanto di Namrole, Senin.

Kekuatan yang dikerahkan tersebut diantaranya 70 personel Shabara Polres Buru dan 50 personel Polsek Namrole dibantu satu regu Brimob Polda Maluku.

Dia mengakui, sterilisasi gedung DPRD terutama ruang sidang utama telah dilakukan sejak Minggu (28/9) maupun pada Senin pagi yakni tiga jam sebelum berlangsung proses pelantikan anggota legislator tersebut.

Puluhan personel juga digelar di beberapa kawasan di Namrole, ibu kota Kabupaten Buru Selatan, terutama di kawasan pemukiman anggota legislator yang dilantik.

"Kami mengerahkan personil untuk mengamankan acara syukuran yang dilakukan anggota DPRD Buru Selatan usai dilantik, mengingat kebanyakan mereka mengawali proses pelantikan dengan acara adat yang dihadiri pemuka adat masing-masing daerah dan konstituen mereka," katanya.

Agung berharap syukuran pelantikan yang dilakukan anggota DPRD bersama warga dapat berjalan aman dan lancar, tanpa diwarnai aksi-aksi bentrokan, hanya karena mengkonsumsi minuman keras (miras) tradisional secara berlebihan.

Pelantikan DPRD Buru Selatan juga dihadiri puluhan tokoh dan dewan adat dari beberapa desa dan kecamatan, terutama yang anak adatnya terpilih sebagai legislator periode 2014-2019.

Salah satu anggota DPRD terpilih dari PDI Perjuangan Sammy Latbual, malah memilih berjalan kaki bersama keluarga, masyarakat dan tokoh adat desanya, dari rumahnya menuju kantor DPRD yang berjalan lebih dari 300 meter.

Sebagian besar anggota DPRD periode 2014-2019 datang ke gedung DPRD untuk mengikuti prosesi pelantikan diantar oleh tokoh dan dewan adatnya.


Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014