Ambon (Antara Maluku) - Sedikitnya 26 perusahaan perikanan tercatat beroperasi dan masuk dalam kawasan pelabuhan perikanan nusantara (PPN) Ambon di Desa Tantui, Kota Ambon.

Pimpinan PPN Ambon, Cholieq Syahid mengatakan, dari jumlah itu tidak semuanya berada di pelabuhan PPN tetapi ada yang di luar kawasan seperti di pelabuhan Gudang Arang namun semua urusan operasional melalui PPN Ambon.

"Jadi ada kapal perikanan yang mau berangkat ke perairan harus mengurus izinnya ke PPN Ambon, karena itu kita diharuskan membuat apa yang disebut dengan Wilayah Kerja Operasional Pelabuhan Perikanan (WKOPP)," ujarnya.

"Ada wilayah kerja dan wilayah operasional. Wilayah kerja seperti misalnya di kawasan PPN Ambon, jadi kalau ada para perusahaan yang membutuhkan bantuan terutama untuk sandarkan kapal di pelabuhan atau memerlukan surat - surat izin lainnya sudah pasti membutuhkan PPN,"jelasnya.

Rincian daftar unit perusahaan yang hingga kini masih berurusan dengan PPN dan yang beralamat di dalam kompleks PPN Ambon, dengan bidang usaha Penyimpanan Beku yakni PT.Mabiru Industri, PT.Bersama Mitra Nusantara, PT.Tri Satria Samudra, PT.Sinar Abadi Cemerlang, PT.Harta Samudera, FA.Sanu, dan CV.Tuna Maluku.

"Ada juga yang beralamat di Kompleks Dermaga TNI-AL, di Desa Laha,Kecamatan Teluk Ambon yakni PT.Arabikatama Khatulistiwa FI, PT.Cilacap Samudera FI, sedangkan yang beralamat di pelabuhan pelelangan ikan (PPI) Dusun Eri, Desa Nusaniwe, yakni CV.Tiga Sinergi Berjaya dan CV.Djatropa," katanya.

Sedangkan PT.Ureng Nusa Telu beralamat di Desa Ureng,Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, (P.Ambon), PT.Aneka Sumber Tata Bahari di Desa Hurnala, Kecamatan Salahutu,Kabupaten Maluku Tengah,(P.Ambon), kemudian PT.Beta Putra Daerah dan PT.Perikanan Nusantara (Persero) Cabang Ambon beralamat di Desa Galala,Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Kemudian yang beralamat di Jalan.Kakialy nomor 5 Ambon ada lima perusahaan dengan bidang usahanya Unit Penyimpanan Beku masing - masing PT.Samudra Pratama Jaya , PT.Tanggul Mina Nusantara, PT.Jaring Mas, PT.Pacifik Glory Lestari, dan PT.Hadidgo.

Ada juga yang beralamat di jalan Dr.Siwabessy, Keluarahan Batu Gantung, Kecamatan Nusaniwe yakni PT.Vinisi Inti Lines dan PT.Sumber Laut Utama, selain itu ada juga PT.S&T Mitra Mina Industri di jalan Benteng kawasan Pelabuhan Gudang Arang dan satu lainnya yakni PT.Kristalin Dwi Lestari beralamat di jalan Mutiara, kawasan pantai Mardika.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014