Ambon (Antara Maluku) - Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Selasa, mewisuda lagi 1.638 sarjana program S-1 maupun paska sarjana (S-2).

Wisuda periode Desember 2014 yang digelar dalam rapat senat terbuka luar biasa itu dipimpin Ketuanya, Prof.DR.Thomas Pentury, M.Si, sekaligus Rektor Unpatti Ambon.

1.638 yang diwisuda terdiri dari 1.554 lulusan program S-1 dan 84 lainnya program S-2.

Rektor mengatakan, Unpatti Ambon saat ini ditantang untuk semakin kompetetif dalam menelorkan para sarjana dalam menjawab kebutuhan pangsa pasar.

Apalagi, era perdagangan bebas MEA 2015 yang menantang Unpatti Ambon untuk menelorkan sarjana berkualitas.

"Jadi tantangan SDM berkualitas memotivasi semua komponen bangsa di civitas akademika Unpatti Ambon untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan di tanah air, terutama Maluku," ujar Rektor.

Karena itu, dia mengingatkan para wisudawan maupun wisudawati agar berinisiatif meningkatkan kualitas SDM dengan tidak mengabaikan mental spiritual.

"Indonesia, terutama Maluku membutuhkan SDM yang berkualitas. Namun, hendaknya kualitas yang didukung mental spiritual yang baik sehingga tidak terjadi krisis moral," tandas Rektor.

Gubernur Maluku, Said Assagaff dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Lutfy Rumbia menginginkan, Unpatti Ambon mengintensifkan penelitian dalam mendukung program pemerintah.

"Jemputlah bola program pemerintah yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wapres JK dengan prioritas sektor kemaritiman karena seiring dengan misi Unpatti yakni `bina mulia kelautan," katanya.

Makanya, menurut Gubernur, para dosen dan mahasiswa hendaknya memanfaatkan berbagai program penelitian yang didanai sejumlah lembaga, baik dalam maupun luar negeri sehingga menjadi garda terdepan di bidang kemaritiman.

"Karakteristik Maluku yang miliki 1.340 buah pulau dengan 92,4 persen dari wilayahnya seluas 581.376 km2 adalah laut merupakan obje penelitian strategis dalam mendukung program pemerintah di sektor kelautan dan perikanan," ujarnya.

Wisuda periode Desember 2014 juga menandai berkaryanya kembali mantan Wakil Menteri Perindustrian, Prof. DR.Alex Retraubun, M.Si di Unpatti Ambon.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014