Ambon (Antara Maluku) -Wali Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Muhammad Irwansyah akan menerima gelar kehormatan dari Majelis Latupati Kota Ambon.

"Wali Kota Pangkal Pinang akan menerima gelar kehormatan Upu Hini Amboina yang berarti orang besar yang sangat dihargai karena jasa kepada orang Maluku di perantauan," kata Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru, di Ambon, Kamis.

Pemberian gelar kehormatan itu, kata dia, akan berlangsung di Gong Perdamaian Dunia (GPD) Ambon, Jumat (17/4).

Menurut dia, majelis Latupati Kota Ambon, Jhon Rehatta akan memberikan gelar tersebut sebagai bentuk penghargaan atas jasa yang diberikan kepada orang Maluku yang ada di Kota Pangkal Pinang.

"Kami memberikan apresiasi yang besar karena di daerah lain di Indonesia masih ada masyarakat Maluku yang mendapat jabatan di pemerintahan, serta dilibatkan dalam berbagai upaya mensosialisasikan daerah," katanya.

Anthony mengatakan, Wali Kota Muhammad Irwansyah telah tiba di Ambon dan melakukan kunjungan kerja ke Pemkot Ambon.

Dari Ambon, kata Sekkot, Wali Kota Pangkal Pinang dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Jakarta untuk mengikuti Launching Mangente (datang dan kunjungi) Ambon tahun 2015 di Kementerian Pariwisata pada Sabtu (18/4).

Launching Mangente Ambon akan dilakukan Menteri pariwisata Arief Yahya di gedung sapta Pesona kementerian pariwisata di Jakarta.

Kegiatan Launching Mangente Ambon juga akan dihadiri beberapa kementerian terkait dan lembaga, 15 duta besar negara sahabat, Gubernur Maluku dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, akan dilakukan penampilan atraksi budaya Maluku, presentasi potensi budaya dan wisata Ambon, serta dilakukan pameran kerajinan Maluku. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015