Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon mengusukan kepada pemerintah Australia untuk menambah sekolah dalam program pertukaran pelajar Ambon-Darwin

"Usulan sudah kami sampaikan kepada Konsulat Sosial dan Budaya Kedubes Australia untuk Indonesia, Arman Hery Nugroho, saat melakukan kunjungan di Ambon," kata Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kota Ambon, Henri Sopacua, Kamis.

Ia mengatakan, selama ini program pertukaran siswa untuk belajar di Darwin hanya diwakili siswa SMAN 5 Ambon.

"Kami berharap tidak hanya SMAN 5 Ambon, tetapi jika dimungkinkan sekolah lainnya untuk diikutsertakan," ujarnya.

Menurut Henri, sekolah yang diusulkan untuk ikut dalam pertukaran siswa di Darwin yakni SMAN 4 Ambon. Diharapkan dapat terlaksana pada tahun 2016.

Selain sekolah, diharapkan ada juga penambahan kuota dari dua siswa dan satu guru yang diikutsertakan dalam program pertukaran belajar.

"Saat ini dalam tahapan perencanaan, kami juga sangat berharap ada penambahan kuota dari dua siswa dan satu guru, sehingga setiap tahun ada siswa dari sekolah berbeda yang bisa mengenyam pendidikan di Darwin," katanya.

Diakuinya, selain penambahan sekolah kerja sama di bidang pariwisata juga akan terus dilakukan yakni lomba perahu layar Darwin Ambon Yacht Race (DAYR) .

Terkait Darwin Ambon Yacht Race (DAYR), diharapkan ke depan akan dibuka penerbangan khusus Darwin-Saumlaki dan sebaliknya.

"Kita berencana akan melakukan terbang perdana Saumlaki-Darwin yakni rombongan Pemkot Ambon dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku pada 5 September 2016, sekaligus akan melepas perahu layar dari Darwin menuju ke Kota Ambon," ujar Henri.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015