Ambon (Antara Maluku) - Dinas Perhubungan Kota Ambon akan membangun zona selamat sekolah berupa penyeberangan bagi para siswa.

Zona selamat sekolah akan dilengkapi rambu lalu lintas dan lampu perlintasan di beberapa sekolah di Ambon, kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon Pieter Saimima di Ambon, Rabu.

"Pembangunan zona ini bertujuan membatasi kecepatan kendaraan bermotor guna menghindari terjadinya kecelakaan bagi para siswa, khususnya siswa sekolah dasar," katanya.

Ia mengatakan, tahap awal pihaknya akan membangun zona selamat di kawasan jalan Pattimura dan Kakily yang merupakan kawasan sekolah.

"Dua lokasi ini merupakan pilot project pembangunan selanjutnya akan ditindaklanjuti ke kawasan sekolah lainnya di Ambon," ujarnya.

Menurut dia, zona selamat harus dibangun menginggat hampir di seluruh sekolah di Kota Ambon berada di depan jalan utama dan itu sangat membahayakan keselamatan para siswa .

Selama ini, kata Pieter belum ada satu kawasan yang menggunakan sistem zona ini, padahal keberadaan anak sekolah khususnya siswa SD sangat rentan terhadap kecelakaan, sehingga akan diberikan tanda bagi pengendara kendaraan untuk lebih berhati-hati.

"Pembangunan tersebut warna jalan di depan sekolah dibuat merah seperti halnya zebra cross, kemudian di pasang rambu batas kecepatan, rambu larangan parkir, rambu dilarang menyalip bagi kendaraan bermotor bila ada siswa yang hendak menyeberang," ujarnya.

Untuk traffic light, katanya yang akan dipasang sebagai pelengkap zona ini, hanya memiliki dua warna yakni merah dan hijau.

"Lampu tersebut akan dinyalakan mulai pukul 06.00-18.00 WIT atau selama jam belajar para siswa sekolah, kemudian lampu tersebut akan dipadamkan," ujarnya.

Pieter menambahkan, selain memasang rambu lalulintas pihaknya juga akan menempatkan petugas di sekolah.

"Jika pembangunan zona selamat ini sudah mulai difungsikan, kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat," ujarnya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015