Ambon (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaf menyampaikan terima kasih kepada masyarakat non muslim di daerah ini khususnya di Kota Ambon, yang telah berpartisipasi bersama-sama umat muslim menjaga ketertiban dan keamanan selama bulan suci Ramadhan.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat non muslim yang telah berpartisipasi bersama-sama dengan umat muslim dalam menjaga kesucian di bulan suci Ramadhan, dan hari ini merayakan Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah," kata Gubernur Said, di Ambon, Jumat.

Gubernur Said beserta keluarga, usai Sholat Idul Fitri di Masjid Raya Alfatah, menggelar Open Hause di Kantor Gubernur Maluku dan memberikan kesempatan bagi warga masyarakat untuk bersalaman.

"Open house yang digelar di kantor gubernur ini untuk memudahkan warga masyarakat yang mau bersalaman dengan dirinya dan keluarga. Apalagi saya mendengar ada sedikit keluhan, karena terlalu lama antrian kendaraan di jalan menuju rumah dinas gubernur di Mangga Dua," katanya.

Karena itu, kata dia, dirinya dan keluarga bersepakat untuk menggelar open hause di kantor gubernur, sehingga memudahkan orang untuk datang bersalaman.

"Bagi warga masyarakat lain yang tidak sempat bersalaman di kantor gubernur bisa datang ke rumah dinas di Mangga Dua. Saya akan terima mereka pada malam hari nanti," ujarnya.

Menurut Gubernur Said, setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah puasa, hari ini umat muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia dan khususnya di Maluku bisa memanfaatkan hari kemenangan ini untuk saling memaafkan.

"Kepada seluruh masyarakat yang datang, kami ajak memotivasi untuk saling memaafkan," katanya.

Karena itu, momentum open hause ini juga diharapkan dapat menciptakan ketertiban, kedamaian dan kerukunan di Maluku.

"Saya selaku pribadi dan Gubernur Maluku menyampaikan Minal Aidin Waalfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin bagi umat muslim di Maluku," ucapnya.

Gubernur Said juga berharap kepada umat muslim, untuk hari-hari besar keagamaan seperti Natal dan Tahun Baru, untuk ikut berpartispasi menjaga ketertban dan keamanan.

"Saya berharap umat muslim pada perayaan Natal dan Tahun Baru, dapat berpartisipasi menjaga ketertiban dan keamanan, sehingga apa yang kita inginkan menjadikan Maluku sebagai laboratorium kerukunan hidup beragama bisa terwujud," katanya.

Berdasarkan pantauan, acara open hause dimulai pada pukul 10.00 WIT. Terlihat Uskup Diosis Amboina, MGR Petrus Canisius Mandagi, MSC yang didampingi sejumlah pastor, beserta pimpinan agama Hindu dan Budha datang untuk bersalaman dengan Gubernur Maluku Said Assagaff beserta keluarga.

Selanjutnya, Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Ros Far Far dan sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga datang bersalaman.

Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad Ismail beserta istri dan staf, juga turut hadir dalam acara open hause itu.

Kemudian, selanjutnya mantan Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu beserta istri Sofie Ralahalu juga datang bersalaman dengan mantan wakilnya yang sekarang menjadi gubernur itu.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015