Ambon (Antara Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan Pekan Olah Raga Kota (Porkot) Ambon II tahun 2015 diharapkan menjadi parameter pembinaan olah raga di provinsi Maluku.

"Kita tahu kota Ambon memberikan sumbangan terbesar kepada seluruh alet di Maluku, oleh karena itu kita mengawalinya dengan melakukan pembinaan melalui Porkot, dan diharapkan kegiatan ini menjadi jaminan bagi pengembangan olah raga Maluku ke depan," katanya saat apel akbar kontingen Porkot Ambon II, Selasa.

Menurut dia, pihaknya memberikan apresaisi besar bagi pengurus KONI di tingkat kecamatan di Ambon, yang bekerja dengan baik sehingga atlet yang disiapkan mengikuti Porkot jumlahnya cukup banyak.

"Saya bangga dengan pengurus KONI di tingkat kecamatan, walaupun belum lama dibentuk tetapi soladaritasnya sangat luar biasa, sehingga kontingen dari lima kecamatan luar biasa banyak," katanya.

Richard menyatakan, apel akbar bertujuan membangun solidaritas sesama atlet di Kota Ambon, tidak ada kepentingan lain.

"Tidak ada kepentingan politik, kepetingan sujektivitas lain kecuali pengembangan olahraga agar kedapan kota Ambon menjadi paramater bagi provinsi Maluku," ujarnya.

Dijelaskannya, atlet yang akan mengikuti pertandingan akan menjadi contoh bagi kota, pelopor Ambon yang aman dan damai bagi Maluku kedepan.

"Ingat medali hanya bonus yang paling penting adalah bagaimana kalian menjadi menjadi contoh dan teladan, jika ada tekanan itu hanya sebagai sahabat pribadi dan hindarilah fanatisme kelompok atau antar kecamatan tetapi bagaimana memperiapkan diri menuju ambon yang gemilang," tandasnya.

Wali kota berharap para atlet dapat menjaga persatuan dan kesatuan, karena ini merupakan kesempatan untuk saling bertukar pengalaman, berbagi apa dimiliki.

"Medali itu hanya bonus dari apa yang kita dapat, lebih baik kita tidak juara dari pada kita berkelahi. Jauh lebih indah persatuan dan kesatuan dari pada meraih medali membuat kita berkelahi," kata Richard.

Ia menambahkan, apapun hasil yang dicapai di Porkot Ambon merupakan sumbangan terbesar buat kota Ambon.

"Apapun hasil yang akan dicapai di pertandingan itu merupakan sumbangan terbesar buat kota, apa yang kalian buat akan tercatat dalam lembaran bahwa kalian pernah berjuang bagi kota Ambon," katanya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015