Ambon, 29/8 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff optimistis masa depan dunia kemaritiman daerah ini semakin maju dan berkembang lewat pengembangan program tol laut, poros maritim, serta pelabuhan baru dan renovasi maupun agenda pembangunan lainnya.

"Semua program ini harus segera ditindaklanjuti pemerintah. Sebagai daerah kepulauan, Maluku harus ditempatkan dalam mainstream kebijakan kemaritiman," kata gubernur di Ambon, Jumat.

Pelaksanaan program kemaritiman ini, kata gubernur, membutuhkan proses yang panjang, sehingga pihak eksekutif dan legislatif mesti bekerja keras untuk terus membangun jaringan kerja yang efektif agar hasilnya lebih optimal.

Menurut gubernur, sebagai bagian dari NKRI, Maluku masuk dalam agenda nawacita yang antara lain memberikan aksentuasi pada pemerataan pembangunan kawasan timur Indonesia dan kawasan perbatasan.

"Karena itu seluruh elemen di daerah ini harus bekerja terkoordinasi dan bersinergi untuk mendukung agenda tersebut," katanya.

Gubernur Said menambahkan, Maluku memiliki kekayaan di sektor energi dan sumber daya mineral yang menjanjikan dan sangat berpotensi untuk peningkatan gerak roda pembangunan dan ekonomi. Karena itu kebersamaan eksekutif dan legislatif maupun seluruh elemen masyarakat di daerah harus ikut mengawal proses-proses pemanfaatannya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015