Ambon, 22/10 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan verifikasi data 2.302 guru yang akan menerima tunjangan sertifikasi tahap dua tahun 2015.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Benny Kaimana, menyatakan pihaknya telah menerima Surat keputusan (SK) sertifikasi guru dan saat ini sementara dilakukan verifikasi data untuk mengetahui kelengkapan administrasi yang akan menerima tunjangan.

"Pembayaran sertifikasi tahap I telah dilakukan, saat ini akan dibagikan tahap II, jumlah penerima sama dengan tahap I sebanyak 2.302 guru. Sedangkan 3.OOO guru non sertifikasi tunjangannya juga akan diberikan dalam waktu dekat," katanya di Ambon, Rabu.

Menurut dia, pembayaran tunjangan sertifikasi guru di Kota Ambon disesuaikan persyaratannya dengan surat keputusan pemerintah pusat. Tunjangan sertifikasi setiap tahun diberikan dan penerimanya juga berbeda berdasarkan penilaian kinerja setiap guru.

Proses pengurusan sertifikasi, setiap sekolah juga telah memiliki operator untuk membantu para guru dalam mengumpulkan administrasi mereka.

"Kami telah menyiapkan operator untuk bisa melayani para guru yang mengalami kesulitan ketika melakukan pengurusan, karena masih banyak guru yang tidak memahami proses administrasi," ujarnya.

Benny mengakui, guru yang telah menerima SK sertifikasi diwajibkan melakukan proses mengajar sesuai aturan yang ditetapkan Pemerintah.

Jika seorang guru, lanjutnya, tidak mengajar sesui dengan aturan yakni 24 jam selama satu minggu, maka guru bersangkutan tidak akan mendapatkan SK sertifikasi tersebut.

"Kami juga tidak bisa mengeluarkan SK begitu saja, tetapi harus sesuai aturan yang ditetapkan. Para guru yang telah memiliki SK, bisa mengecek langsung di Bank sesuai dengan tingkat sekolahnya, SD di Bank Rakyat Indonesia (BRI), SMP di Bank Tabungan Nasional (BTN), dan SMA serta SMK di BNI," katanya.

Sementara itu, para guru yang belum memiliki sertifikat, belum menerima tunjangan dikarenakan belum mengikuti uji kompetensi.

"Tunjangan sertifiksi diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan para guru. Diharapkan para guru dapat lebih meningkatkan kinerjanya untuk membangun mutu pendidikan di Kota Ambon," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015