Ambon, 17/11 (Antara Maluku ) - Sedikitnya tiga menteri dijadwalkan menghadiri Muswarah pimpinan nasional (Mupimnas) 2015 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Maluku yang penyelenggraanya di Ambon pada 18 November.

"Ketiganya adalah Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, Mensos, Khofifah Indah Parawansa serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi," kata Ketua Panitia Muspimnas PMII 2015, Kaka Hanifa di Ambon, Selasa.

Ketiga menteri yang merupakan kader PMII tersebut akan hadir sebagai pembicara, sekaligus memberikan sumbangsih pemikiran terkait dengan arah kebijakan pembangunan pemerintah pusat di daerah.

Menurut Kaka , para menteri ini sudah menyatakan kesediaannya untuk menghadiri mupimnas 2015 di Ambon, Ibu Kota Provinsi Maluku guna memberikan sumbangan pemikiran yang positif bagi para kader terhadap seluruh kebijakan pemerintah pusat di daerah.

Alasan Provinsi Maluku disetujui sebagai pusat penyelenggaraan acara nasional ini adalah merujuk pada sistem kaderisasi mahasiswa Islam Indonesia yang kuat dengan semangat Siwalima.

Selain jaringan kaderisasi, panitia pusat memandang benar sistem pemerintahan di Maluku yang tersusun baik sehingga layak dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Muspimnas ini.

"Kegiatan akbar nasional ini bukan hanya sekedar mendatangkan tiga menteri yang merupakan kader PMII dan duduk dalam kabinet pemerintahan, namun mempunyai makna tersendiri," ujarnya.

Salah satu materi yang akan dibahas dalam agenda akbar itu yakni tentang Perjuangan Provinsi Kepulauan yang akan dipadukan dengan kebijakan ketiga menteri tersebut.

"Jadi materi tersebut akan dipadukan dengan seluruh kebijakan ketiga menteri diantaranya Menteri Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi seperti apa, sama halnya dengan kebijakan Mensos sehingga kesatuan dari hasil tersebut akan dilahirkan rekomendasi untuk diperjuangkan secara bersama di pusat," kata Kaka.

Sejumlah kepala daerah yang termasuk wilayah kepulauan juga akan hadir, dan peserta yang akan menghadiri kegiatan akbar tersebut mencapai 1.000 orang sehingga diharapkan adanya kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat Maluku untuk menyukseskan kegiatan dimaksud.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015