Ambon, 25/1 (AntaraMaluku) - Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Aru sedang memproses administrasi pengajuan pelantikan bupati-wakil bupati hasil pilkada 9 Desember 2015.

"Kami menjadwalkan pada 26 Januari 2016 telah mengajukan berkas bupati-wakil bupati terpilih ke DPRD Kepulauan Aru guna diteruskan kepada Mendagri melalui Gubernur Maluku Said Assagaff," kata Ketua KPU setempat Viktor Sjair, yang dikonfirmasi dari Ambon, Senin.

Pengusulan pelantikan itu menindaklanjuti keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, 11 Januari 2016, yang menolak gugatan pasangan Joseph Barends-Elisa Darakay.

"Berkas awal sudah disiapkan sehingga tinggal melampirkan keputusan MK, maka disampaikan ke DPRD guna diteruskan kepada Mendagri melalui Gubernur Maluku," ujarnya.

Viktor memastikan, pengusulan pelantikan tersebut karena penggugat menerima hasil penolakan MK.

"Jadi pengusulan sesuai mekanisme dengan harapan pada akhir Februari atau awal Maret 2015 Johan Gonga - Muin Sogalrey telah dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati Kepulauan Aru," katanya.

Sebelumnya, Joseph-Elisa mengajukan gugatan ke MK dengan materi adalah soal politik uang oleh pemenang Pilkada Kepulauan Aru yakni pasangan Johan-Muin.

KPU Kepulauan Aru telah menetapkan bupati-wakil bupati terpilih di Dobo, ibu kota Kabupaten setempat pada 21 Desember 2015.

Pasangan nomor urut 1 (satu) yakni Johan-Muin meraih 17.883 suara, mengungguli Welhelm Kurnala-Azis Goin (2) yang meraih 10.120 suara, Joseph Barends-Elisa Darakay (3) peraih 11.653 suara, dan Gotlief Gainau-Djafruddin Hamu(4) yang memperoleh 6.075 suara.

Kepulauan Aru menyediakan surat suara sesuai daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen sebanyak 57.354 lembar.

Pilkada serentak kelompok pertama di Provinsi Maluku yang diselenggarakan juga pada 9 Desember 2015 dilaksnakan di Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian timur (SBT) dan Maluku Barat Daya (MBD).

Pilkada di Buru Selatan dimenangi pasangan petahana Tagop Sudarsono Soulissa. SBT yakni Mukti Keliobas-Fachri Alkatiri. MBD dimenangi petahana Barnabas Orno-Benyamin Thomas Noach.

Sebanyak 264 kabupaten/kota di Indonesia telah melaksanakan pilkada serentak kelompok pertama pada 9 Desember 2015.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016