Ternate, 31/5 (Antara Maluku) - Kepala Staf Angkatan Daerah (KSAD) Jenderal TNI Mulyono mengatakan Bintara Bimbingan Desa (Babinsa), harus menjadi cermin dan contoh bagi masyarakat di tempatnya bertugasnya.

"Label Babinsa saat ini semakin dikenal, jadi Babinsa harus terus melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab," katanya ketika memberikan pengarahan kepada ratusan prajurit di jajaran Korem 152 Babullah Ternate, Selasa.

Bahkan, kata Kasad, sesuai pengakuan Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan, peran Babinsa sudah terkenal hingga ke luar negeri dan ini harus terus dipertahankan.

Oleh karena itu, Babinsa diminta untuk bekerja dengan baik serta menjadi tokoh dan cermin di tengah-tengah masyarakat, sehingga setiap tindakan harus mendapat simpatik dan menjadi pengayom masyarakat.

KASAD meminta kepada seluruh Babinsa yang bertugas di wilayah kerjanya masing-masing bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat, jangan menunjukkan prilaku yang jelek, karena bisa merusak nama baik institusi.

Jenderal Mulyono mengakui untuk meningkatkan kinerja Babinsa di lapangan, saat ini, dirinya telah mengusulkan tunjungan operasional komando kewilayahan dengan dana sekitar Rp1,2 triliun untuk Babinsa.

Diharapkan, para Babinsa yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk Malut akan mendapatkan tunjungan sekitar Rp1,2 juta per bulan setiap prajurit yang bertugas di desa maupun kelurahan.

Setelah memberikan pengarahan kepada ratusan prajurit di Korem 152 Babullah, Kasad Jenderal TNI Mulyono dengan mengunjungi Batalyon Infantri 732/Banau serta menutup kegiatan TMMD 96 secara terpusat di Wasile Halmahera Timur.

Kasad yang didampingi Asisten Operasi Kasad TNI-AD Mayjen Jhoni Tobing, Brigjen Komaruddin Simanjuntak melakukan peninjauan ke Lapangan Sasadu Lamo Desa Acango Halmahera Barat untuk meninjau Mako Yonif 732/Banau, setelah itu rombongan kembali ke Ternate.

Rencananya pada Rabu (1/5) Besok, rombongan KASAD menggunakan Helikopter Mi-17 v5 TNI AD bertolak menuju Helipad Desa Cemara Jaya Wasile menerima laporan Dansatgas tentang kesiapan pelaksanaan penutupan TMMD serta meninjau langsung lokasi lapangan upacara dan Bhakti Sosial sunatan masal dan pengobatan masal di Desa Rawa Mangun.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016