Ternate, 2/7 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI) menetapkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri (Id) dipusatkan di Masjid Raya Al-Munawwar.

"Biasanya pelaksanaan Sholat Id di lapangan Gelora Kieraha, tetapi kondisi cuaca di Ternate dalam sepekan terakhir hujan deras, sehingga dialihkan ke masjid raya Al-Munawwar," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Ternate Sutopo Abdullah di Ternate, Sabtu.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi membludaknya jamaah Sholat Id, pemkot berkoordinasi dengan PHBI untuk menggunakan gedung Dhuafa Center yang bersebelahan dengan masjid raya agar digunakan oleh jamaah perempuan, sedangkan masjid digunakan jamaah laki-laki.

Sutopo mengatakan pelaksanaan Sholat Id dengan Habib Alwi dan imam nanti diserahkan sepenuhnya ke pengurus masjid Al-Munawwar untuk menentukannya.

Sebelumnya, pelaksanaan Sholat Id di Ternate selalu menggunakan lapangan Gelora Keiraha Ternate namun karena kondisi cuaca yang tidak kondusif, sehingga PHBI bersama Pemkot Ternate mengalihkannya ke masjid Al-Munawwar.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi membludaknya jamaah yang menggelar salat ied nanti, Pemkot juga akan mengalihkan halaman parkir kendaraan roda dua dan roda empat sekitar 50 meter, sehingga bisa digunakan para jamaah untuk sholat.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) akan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1437 H/2016 Masehi dilapangan Falcino Desa Fidi Jaya Kecamatan Weda seperti yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Kabag Kesra pemkab Halteng Muchlis Djailani ketika dihubungi mengatakan yang bertindak sebagai khatib adalah Ustad Aidin Baharudin.

Sesuai arahan Bupati Halteng M.Al Yasin Ali, seluruh pejabat di lingkup pemkab Halteng diminta melaksanakan sholat di lapangan Falcino.

"Instruksi Bupati Halteng kepada seluruh SKPD diwajibkan ikut bersama Sholat Id di lapangan Falcino," kata Muchlis. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016