Ambon, 6/9 (Antara Maluku) - Penjabat Wali Kota Ambon Frans Johanes Papilaya menyatakan, perayaan HUT ke-441 Kota Ambon  pada 7 September 2016 merupakan momentum untuk memperkuat persaudaraan.

"Setiap tahun masyarakat dan pemerintah merayakan HUT kota Ambon, momentum ini merupakan upaya untuk terus memperkuat persaudaraan dan kesatuan, sekaligus menjadi gerakan mewujudkan Ambon yang lebih baik," katanya saat Paripurna Khusus menyambut HUT Kota Ambon, Selasa.

Menurut dia, perayaan HUT kota Ambon pada 2016 dilaksanakan dalam semangat dan tema "Ambon Ceria" serta sub tema "dengan semangat ayo kerja kita wujudkan Ambon ceria melalui peningkatan partisipasi masyarakat.

Tema dan sub tema tersebut selaras dengan semangat peringatan kemerdekaan RI ke-71, maupun semangat pembangunan kota Ambon tahun 2016 yakni bekerja nyata untuk Ambon yang partisipatif dan komunikatif.

"Hal ini mendorong seluruh masyarakat untuk menjadi pelaku maupun penerima manfaat dari pembangunan kota yang maju, aman, nyaman indah,sehat dan sejahtera," katanya.

Ia menjelaskan, di usia kota yang ke-441, maka Ambon tetap bergerak maju. Banyak hal yang telah dilakukan dan dirasakan manfaatnya oleh warga kota.Hanya, banyak pula yang harus dibenahi, dioptimalkan.

"Saya mengajak seluruh warga kota Ambon agar tetap menciptakan kedamaian dan ketertiban. Kota ini adalah rumah kita. Rumah yang memberikan kehidupan bagi kita," tandasnya.

Frans mengakui, keragaman dan kebhinekaan yang ada di kota ini hendaknya menjadi potensi dan kekuatan untuk membangun Ambon lebih baik, dengan tetap menjadikan karakter hidup pela gandong sebagai landasan.

Selain itu, pada 15 Februari 2017 akan dilakukan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon periode 2017-2022.

Warga kota diminta untuk mengawal dan mendukung proses politik yang sementara berlangsung agar berjalan aman dan lancar dengan tetap menjaga kedamaian dan ketenteraman kota.

"Marilah secara nersama kita berjuang sesuai peran masing-masing untuk memajukkan dan menyejahterakan masyarakat kota Ambon dalam berbagai bidang kehidupan," katanya.

Dia mengemukakan, perjalanan kota Ambon kedepan masih terbentang luas dihadapan. Apa pun peran dan tugas, mari bersama bergandengan tangan, satukan tekad dan semangat untuk terus membangun dan berjuang demi kesejahteraan kota.

"Peran dan tugas dilakukan akan menginspirasi kita untuk melakukan yang terbaik bagi kemajuan dan kesejahteraan. Apa pun yang dilakukan akan membawa dampak besar bagi anak dan cucu kita kelak," kata Frans Papilaya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016