Ambon, 14/11 (Antara) - Sebanyak 26 personel TNI dan Polri menerima penghargaan atas prestasi dan dedikasinya bertepatan dengan peringatan HUT ke-71 Brigade Mobil (Brimob) di Ambon, Senin.

Tiga anggota TNI memperoleh penghargaan karena dinilai memiliki andil dan pengabdian kepada pasukan elit Polri tersebut, terutama menjadi instruktur pada latihan kolone senapan antara TNI-Polri untuk ditampilkan pada peringatan HUT Brimob pada 2016.

Ketiga personil TNI yang memperoleh penghargaan berdasarkan keputusan Kapolda Maluku Nomor: Kep/273/XI/2016 tertanggal 7 November 2016 yakni Komandan Kompi Markas Yonif 733 Raider, Letda Eka Setia M, Kopda Ahmad Musleh (tamtama Yon Marhanlan IX Ambon) dan Praka Salafuddin Eka (tamtama Yon Marhanlan IX Ambon).

Sedangkan 23 anggota Polri yang menerima penghargaan atas prestasi dan dedikasi masing-masing diantaranya bidang olahraga futsal dan bulu tangkis dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional yang diselenggarakan PT. PLN Persero Wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Selain itu, pengungkapan kasus Curanmor, penemuan dan penjinakan bom, melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta menguasai enam kemampuan dasar Brimob.

Penghargaan bagi 23 anggota Polri berdasarkan keputusan Kapolda Maluku Nomor: Kep/267/XI/2016.

Penghargaan langsung diserahkan Kapolda Maluku Brigjen Pol. Ilham Salahudin disela-sela peringatan HUT Brimob ke-71, dipusatkan di Markas Komando Satuan Brimob Polda Maluku, di kawasan Tantui, Kota Ambon.

"Setiap personil yang sukses mengangkat nama Polri di berbagai event olahraga maupun dalam menjalankan tugas, perlu diberikan penghargaan sebagai ungkapan terima kasih atas prestasi yang diraih," ujar Kapolda Ilham.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada tiga personil TNI yang telah menjadi instruktur latihan Kolone senapan sinergitas TNI-Polri yang ditampilkan pada peringatan HUT Brimob padan 2016.

Peragaan kolone senapan sinergitas diperagakan 140 personil gabungan TNI dan Polri dipimpin Pasi Ops Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Maluku, Iptu Septivan Toras bersama dua Danton Kolone Ipda Robby Sinay dan Letda Chb Eka Setia.

Demonstrasi kolone senjata sinergitas ini merupakan unjuk ketrampilan dan ketangkasan dari 70 personil Brimob, 40 personil Yonif 733/Raider serta masing-masing 10 personil Denzipur 5/CMG, Demkav V/BLC dan Batalyon Marinir Pertahanan Lantamal IX Ambon.

Atraksi diawali dengan gerakan pemeriksaan kerapian dalam formasi secara bersamaan dilanjutkan dengan ketangkasan bersenjata, gerakan pengosongan senjata hingga pada gerakan bergelombang pada situasi dan kondisi serta medan tindak menentu.

Kapolda Ilham Salahudin membacakan sambutan Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian yang memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri di tanah air atas integritas, komitmen, dedikasi, kerja dan loyalitas yang ditunjukkan melalui operasi khusus Kepolisian sehingga masyarakat merasa aman dan tertib.

"Perjuangan menjadikan negara Indonesia yang sejahtera adil dan makmur, belum usai. Seluruh elemen bangsa masih terus berusaha guna mencapai tujuan bangsa sebagaimana telah diperjuangkan oleh para pahlawan tanpa lelah bahkan hingga mengorbankan jiwa raga. Peringatan ini merupakan momentum untuk terus berjuang mengisi kemerdekaan melalui tugas polri," tandasnya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016