Ternate, 13/12 (Antara Maluku) - Penyelenggaraan Festival Maitara di Pulau Maitara di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut) pada 26-31 Desember 2016, akan dimeriahkan dengan kegiatan wisata olahraga.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tidore Kepulauan Yakub Husen ketika dihubungi dari Ternate, Selasa, mengatakan kegiatan wisata olahraga yang akan digelar pada Festival Maitara tersebut adalah lomba renang antarpulau dan lomba dayung antarpulau.

Lomba renang dan lomba dayung antarpulau yang masing-masing akan dilaksanakan pada 28 dan 30 Desember 2016 tersebut, akan star di Pantai Pulau Maitara dan finis di Pantai Rum, Pulau Tidore dengan jarak 700 meter.

Menurut Yakub Husen, kegiatan wisata olahraga tersebut digelar sebagai salah satu upaya untuk menarik wisatawan mengunjungi Festival Maitara sekaligus untuk menumbuhkan semangat kebaharian pada kalangan generasi muda di daerah itu.

Walaupun jarak yang akan ditempuh pada lomba renang antarpulau dan lomba dayung antarpulau tersebut hanya sekitar 700 meter tetap memiliki tantangan yang tidak mudah kepada peserta, terutama dalam melawan arus karena arus di selat kedua pulau yang diabadikan dalam uang kerta pecahan Rp1000 itu cukup kuat.

Kegiatan lainnya yang akan ditampilkan pada festival tahunan tersebut, menurut Yakub Husen, di antarany bersih-bersih laut di Pulau Maitara pada 26 Desember 2016 yang tujuannya menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian laut, baik untuk kepentingan wisata bahari maupun sumber ikan.

Selain itu, penampilan kesenian tradisional Tidore Kepulauan dan bakar ikan bersama yang melibatkan sedikitnya 500 orang di kawasan pantai Pulau Maitara, yang ikannya merupakan hasil tangkapan nelayan di pulau itu.

"Festival Maitara ini diharapkan bisa menjadi salah satu pilihan bagi para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri menghabiskan libur akhir tahun," kata Yakub Husen seraya menambahkan berbagai persiapan untuk menyukseskan festival tersebut terus mantapkan, termasuk transportasi dan akomodasi bagi wisatawan.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016