Ternate, 28/1 (Antara Maluku) - Bupati Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) Danni Missy mengharapkan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk pengadaan sarana transportasi yang layak guna mengantisipasi kecelakaan laut di daerah tersebut.

"Keinginan itu sudah saya sampaikan kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi," katanya kepada wartawan di Ternate, Sabtu.

Menurut dia, menteri telah menyatakan akan memperhatikan perbaikan moda transportasi laut di Halbar yang mencakup sarana, prasarana dan kapal, pengembangan pelabuhan rakyat.

Perbaikan moda transportasi laut di Halbar terkait kondisi ril dimana dalam beberapa tahun terakhir sering terjadi kecelakaan laut yang merenggut jiwa penumpang dan awak kapal.

Pada 29 Desember 2016, KM Karimando yang berlayar dari Ternate menuju Jailolo, Kabupaten Halbar tenggelam, menewaskan empat penumpang sementara 39 lainnya harus menjalani perawatan di RSUD Jailolo, dan yang rawat jalan sebanyak 61 orang.

"Saat ini kita sudah mendatangkan kapal KM Aksar Saputra yang representatif untuk memberikan pelayanan yang lebih aman dan nyaman. Langkah ini dipuji Menteri Budi Karya Sumadi, dan karena itu beliau juga berjanji untuk melihat kondisi transportasi laut di kebupaten ini," kata Danni Missy. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017