Ambon, 22/2 (Antara Maluku) - Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada pada 21 Februari, Pusat Penelitian Laut Dalam - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPLD-LIPI) akan melakukan aksi bersih sampah dan penanaman anakan mangrove di pesisir pantai dusun Kate-Kate, Kecamatan Teluk Ambon.

Kegiatan tersebut dijadwalkan pelaksanaannya pada Jumat (24/2).

"Aksi bersih-bersih pohon-pohon mangrove yang sudah kami tanam dua tahun lalu dari sampah, sekaligus penanaman yang bibit-bibit yang baru juga," kata Daniel Pelasula, Kepala Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian PPLD-LIPI, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, selain aksi bersih sampah dan penanaman bibit mangrove, akan digelar juga kegiatan nonton film bertema edukasi dan diskusi dengan komunitas Ambon Bebas Sampah 2020 di aula PPLD-LIPI pada hari yang sama.

Kegiatan itu sendiri merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilakukan pada Januari 2017, yakni pemutaran film mengenai pemanasan global dan perubahan iklim, dan diskusi adaptasi lingkungan dengan komunitas Ambon Bebas Sampah 2020 dan Green Moluccas.

"Wilayah pesisir dusun Kate-Kate sejak awal sudah direncanakan untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata edukasi," katanya.

Pesisir pantai dusun Kate-Kate, kata Daniel, tiga tahun yang lalu hanyalah tempat kosong yang penuh dengan tumpukan sampah. PPLD-LIPI kemudian membersihkannya dan menanam sedikitnya 200-an anakan mangrove di sana.

"Dengan dikembangkan sebagai kawasan wisata edukasi, wilayah itu akan jauh lebih terkontrol dan terjaga dari ancaman sampah yang lebih banyak. Selain itu bisa menjadi laboratorium alam bagi pelajar dan masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang mangrove," tandas Daniel.

Lebih lanjut ia mengatakan aksi pada 24 Februari nanti juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT LIPI yang ke-50 tahun. Sejalan dengan tema HUT "Kiprah LIPI untuk Bangsa", PPLD menggelar sejumlah kegiatan yang sosial, ilmiah dan kemasyarakatan yang bertujuan untuk mencerdaskan generasi.

Beberapa kegiatan yang telah direncanakan, antara lain adalah pencanangan sistem manajemen mutu berbasis ISO 9001:2015, peluncuran buku "Menguak Sumberdaya Kelautan di Indonesia", lomba foto bawah laut, lokakarya Teluk Ambon, dan Simposium Laut Banda.

"Pencanangan HUT LIPI di Ambon sudah dilakukan 27 Januari kemarin, tapi untuk peringatan puncaknya akan digelar di Jakarta pada 23 - 26 Oktober mendatang," ujar Daniel.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017