Jailolo, 21/3 (Antara Maluku), Rangkaian kegiatan Apel Komandan Satuan Tersebar Kodam
XVI/Pattimura hari pertama di Mako Yonif Raider Khusus 732/Banau dilaksanakan sesuai yang dijadwalkan oleh penyelenggara, yaitu berbagai pembekalan maupun arahan dari beberapa pejabat.

Namun, usai pelaksanaan pengarahan yang diberikan oleh Kapolda Malut kemudian secara mendadak dilaksanakan tes urine kepada seluruh peserta yang berjumlah 169 orang.

Pemeriksaan itu sendiri bekerjasama dengan BNV Polda Malut serta diawasi langsung oleh personel Denpom Ternate, dengan mekanisme satu persatu peserta mengambil tes urine di wadah yang telah disiapkan serta diberi label nama serta dengan pengawasan ketat. 

Kegiatan yang sama sekali tidak diketahui baik oleh penyelenggara maupun pelaku tersebut berjalan dengan lancar satu persatu para peserta melakukan tes urine yang kemudian dilakukan menggunakan Test Pack khusus pendeteksi kandungan zat Narkoba, hingga pemeriksaan selesai seluruh peserta Apel Dansat dinyatakan bersih dari kandungan Narkoba.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arh Hasyim Lalhakim dalam keterangannya menyampaikan bahwa, kegiatan pemeriksaan urine yang dilaksanakan secara mendadak tersebut merupakan inisiatif dari Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Tugas Dwi Aprianto yang meminta ijin langsung kepada Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, saat usai memberikan pembekalan kepada peserta AKS dan tanpa diketahui oleh siapapun sebelumnya sehingga diharapkan dengan pendadakan tersebut akan memperoleh hasil yang sangat akurat.

Hal ini merupakan bentuk komitmen dari TNI dan Polri untuk memberantas Narkoba dimulai dari dalam, terlebih para peserta ini merupakan para Komandan Satuan sehingga diharapkan apabila Komandannya terbebas dari Narkoba maka para Prajuritnya pun akan terbebas dari Narkoba. 

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini Negara kita dalam kondisi darurat Narkoba sehingga diperlukan komitmen dan kebersamaan dari seluruh komponen bangsa khususnya TNI Polri sebagai unsur pertahanan dan keamanan Negara," ungkap Kapendam.

Pewarta: Siaran Pers Pendam 16

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017