Ternate, 18/4 (Antara Maluku) - Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) menargetkan pada 2018 seluruh SMA sederajat di daerah ini melaksanakan ujian nasional berbasis komputer setelah melihat keberhasilan pelaksanaan UNBK 2017.

"Pelaksanaan UNBK SMA sederajat di Malut pada tahun 2017 memang sempat diwarnai dengan sejumlah masalah, seperti jaringan internet yang kurang lancar," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malut Imran Yakub di Ternate, Selasa.

Akan tetapi, Imran Yakub memnilai pelaksanaan UN SMA sederajat pada tahun ini sukses. Untuk itulah pemprov optimistis bisa melaksanakan UNBK di seluruh SMA sederajat di Malut pada tahun 2018

Sekolah menengah atas (SMA) sederajat melaksanakan UNBK 2017 sebanyak 87 sekolah yang tersebar di 10 kabupaten/kota atau baru sekitar 35 persen dari jumlah SMA sederajat di Malut tercatat 237 sekolah.

Untuk merealisasikan target UNBK di seluruh SMA sederajat pada tahun 2018, Pemprov Malut telah menyediakan program, di antaranya pengadaan komputer untuk sekolah karena salah satu kendala untuk menghadapi UNBK adalah terbatasnya komputer.

Selain itu, mendorong pihak Telkomsel untuk memperluas jangkauan layanan jaringan layanan internet di seluruh wilayah Malut, khususnya di wilayah yang ada SMA-nya, karena saat ini masalah layanan jaringan internet juga merupakan salah satu kendala pelaksanaan UNBK di daerah ini pada tahun 2017.

"Pihak PLN juga didorong untuk meningkatkan kapasitas listrik di seluruh wilayah Malut walaupun masalah listrik ini untuk pelaksanaan UNBK masih bisa diatasi dengan menyediakan genset di sekolah, seperti yang dilakukan sejumlah SMA sederajat pada pelaksanaan UNBK 2017," katanya.

Pemprov Malut menilai UNBK sangat bagus karena selain menghasilkan hasil ujian nasional yang bebas dari kecurangan serta gambaran kualitas pendidikan di seluruh wilayah, juga dapat menghemat anggaran, terutama anggaran pencetakan soal dan distribusian naskah UN ke sekolah seperti pada ujian nasional menggunakan kertas dan pensil.

Ia berharap seluruh pemerintah kabupaten/kota di Malut melakukan berbagai langkah agar seluruh SMP sederajat di wilayah masing-masing pada tahun 2018 melaksanakan UNBK.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017