Ambon, 22/4 (Antara Maluku) - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Ranting Baguala, Kota Ambon menggelar peringatan Hari Kartini ke- 138 di gedung Chamber Hyperbaric Rumkital dr. F.X. Suhardjo Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon, Jumat.

Peringatan bertema "Dengan Semangat Juang Emansipasi R.A. Kartini, Kita Tingkatkan Profesionalisme Bidan" tersebut, dihadiri Ketua IBI Daerah Maluku, Anhoneta Hitipeuw, Ketua IBI Cabang Ambon, Magdalena Pauno serta dan para pimpinan rumah sakit dan Puskesmas di wilayah kecamatan Baguala.

Hadir juga perwakilan camat se-kota Ambon serta perwakilan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Ketua IBI kecamatan Baguala, Andjela Pattinama mengatakan kegigihan dan semangat Raden Ajeng Kartini dalam menyuarakan emansipasi wanita merupakan wujud semangat perempuan yang harus diteladani.

Karena berkat upayanya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, salah satunya kesetaraan untuk memperoleh pendidikan telah membuat kaumnya lebih dihargai.

"Hari ini kita memperingati kelahiran R.A Kartini untuk memelihara semangatnya bagi perempuan dalm mendukung tugas kedinasan dan profesionalisme sebagai bidan," katanya.

Sedangkan, Kepala Rumkital dr. F.X. Suhardjo Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah mengatakan Kartini adalah srikandi yang gigih memperjuangkan hak-hak kaum wanita Indonesia.

Meski telah tiada, semangat perjuangannya masih terus berkobar dan membara hingga saat ini.

Wujud dari perjuangan Kartini, telah terlihat nyata saat ini, dengan semakin banyaknya perempuan Indonesia yang berpendidikan tinggi dan menduduki posisi penting di berbagai bidang, termasuk di bidang kesehatan.

"Saya mengapresiasi penyelenggaran peringatan HUT Raden Ajeng Kartini, beliau gigih memperjuangkan hak kaum wanita. Walau sudah tiada, semangat juangnya masih berkobar dan membara," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017