Tual, 28/4 (Antara Maluku) - Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Tual menyiapkan sedikitnya 16 armada angkutan laut dalam menghadapi arus penumpang musim mudik Idul Fitri 2017.

"Menyambut hari raya Idul Fitri tahun ini, UPP Laut Tual sudah melakukan pembenahan-pembenahan termasuk kesiapan sarana angkutan laut guna melayani para penumpang," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas II Tual, Arifai di Tual, Jumat.

Ia mengungkapkan, sarana angkutan laut yang disiapkan saat ini ada 16 kapal untuk penumpang yang akan berpergian menjelang Idul Fitri, terutama arus mudik yang diprediksi akan meningkatkan jumlah penumpang di pelabuhan.

Selain 16 kapal, ada kapal cadangan yang juga disiapkan jika dibutuhkan agar dapat menampung dan melayani semua penumpang.

"16 buah kapal yang ada bermacam-macam. Untuk kapasitas 1.000-2.000 orang ada tersedia lima kapal Pelni, untuk kapasitas ratusan orang tersedia kapal perintis dan feri dari ASDP untuk perhubungan antarpulau," katanya merincikan.

Ia menambahkan, Pelabuhan Yos Sudarso Tual melayani dua wilayah pemerintahan yakni Tual dan Malra sehingga langkah antisipasi jauh-jauh hari sudah dilakukan, antara lain melalui koordinasi dengan SKPD terkait.

"Untuk fasilitas di dalam area pelabuhan, kami sudah melakukan pembenahan guna menjamin kenyamanan masyarakat pengguna jasa angkutan laut di sini," kata Arifai.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017