Ambon, 1/5 (Antara Maluku) - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo menerima kunjungan Korps Atase Pertahanan (Athan) negara-negara sahabat di Makodam XVI/Pattimura, Senin.

Para pewira dan isteri Korps Athan itu datang dari China, Jerman, Italia, Jepang, Laos, Selandia Baru, Belanda, Polandia, Swedia, Korea Selatan, Inggris, Singapura, Thailand, Prancis, Amerika Serikat, Turki, dan Australia.

Siaran pers yang diterima Antara menyebutkan, kunjungan kerja itu bertujuan meninjau program unggulan Kodam XVI/Pattimura yaitu "Emas Biru, "Emas Hijau" dan "Emas Putih".

Kegiatan itu juga memberi kesempatan bagi Kodam XVI/Pattimura dan Atase Pertahanan negara-negara sahabat tersebut untuk saling menyampaikan informasi penting dan strategis.

Para pejabat Kodam XVI/Pattimura juga berinteraksi serta berdiskusi tentang beragam hal penting yang mungkin diperlukan untuk pelaksanaan tugas dan misi para Athan tersebut selama bertugas di Indonesia.

Pangdam dalam amanatnya menyatakan Kodam XVI/Pattimura merupakan kompartemen strategis yang memiliki tugas menyiapkan wilayah pertahanan di darat, menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah di Maluku dan Maluku Utara dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Tugas pokok tersebut dapat dilaksanakan dengan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) pada masa damai.

Ada 14 tugas OMSP, dua di antaranya adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintahan di daerah.

Agar kedua tugas OMSP tersebut dapat berhasil dengan optimal, maka sangat dibutuhkan sinergitas Prajurit TNI dan Rakyat dalam pelaksanaannya.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura dituntut untuk memberikan kontribusi dalam bidang pertahanan dan keamanan maupun peningkatan kesejahteraan melalui kemampuan sistem senjata sosial.

Pada pelaksanaannya, Kodam XVI/Pattimura menyelenggarakan program unggulan yang dikenal dengan sebutan "Emas Biru" untuk budidaya kelautan berupa perikana, "Emas Hijau" untuk budidaya pepohonan dan tumbuh-tumbuhan, dan "Emas Putih" untuk silaturahmi antara anggota masyarakat.

Ketiga program unggulan tersebut merupakan suatu solusi alami dalam upaya membawa wilayah binaan yang menjadi tanggung jawab Kodam XVI/Pattimura menjadi daerah yang aman, damai, rukun dan sejahtera.

Kodam XVI/Pattimura melalui program "Emas Biru", "Emas Hijau" dan "Emas Putih" berupaya agar dapat memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memelihara kondisi keamanan wilayah Maluku dan Maluku Utara secara alami yang lebih kondusif.

Program tersebut memperoleh respon positif dari berbagai pihak yang telah mengunjungi beberapa lokasi proyek percontohan (pilot project) "Emas Biru" dan "Emas Hijau", di antaranya Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kasad, Menristek Dikti, Menteri BUMN, Menteri Pertanian, Menteri Kelautan Dan Perikanan, Menteri Pertahanan, dan Sejumlah Dirut BUMN.

Pangdam berharap, pertemuan silaturahmi semacam itu akan memberikan dampak yang produktif bagi peningkatan hubungan dan kerja sama TNI dengan angkatan bersenjata negara sahabat, juga memperkokoh jalinan persahabatan baik secara kedinasan maupun pribadi.

Kunjugan Korps Athan itu di Kota Ambon, Provinsi Maluku diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai wilayah Indonesia timur, dan mengenal berbagai seni dan budaya, tradisi dan kearifan lokal serta kekayaan alam dan keunikan khas daerah ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut rombongan dari Mabes TNI, Kolonel Sus Ishak Setyadi Sjam, Letkol Sus Aris Yudi, Mayor Cba (K) Siti Fajar, dan Mayor Inf Thomas Rajunio.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017