Ambon, 10/5 (Antara Maluku) - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX/Ambon menggelar razia kendaraan bermotor yang dikendarai para prajurit, dalam Operasi Penegakan Tata Tertib (Ops Gaktib), Rabu.

Operasi tersebut digelar untuk menegakkan ketertiban dan keselamatan berlalulintas para personel Lantamal IX itu dilaksanakan oleh Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) dan Provost Detasemen Markas (Denma) Lantamal IX.

Dipimpin oleh Komandan Pomal Lantamal IX Letkol Laut (PM) Suhirto, Ops Gaktib dipusatkan di dua titik di jalan protokol komplek Lantamal IX.

Dalam razia itu, anggota Pomal dan Provost Denma memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan bermotor yang dikendarai oleh para prajurit Lantamal IX, baik kendaraan dinas maupun pribadi, termasuk juga surat-surat kelengkapan diri.

Selain itu, mereka juga memeriksa kelengkapan alat pendukung keselamatan pada kendaraan, seperti helm, spion dan lampu.

Prajurit yang terbukti melanggar selanjutnya akan diberikan sanksi dan pemahaman, serta dibina di kesatuannya masing-masing, tapi hingga akhir razia tidak ditemukan satupun yang melakukan pelanggaran.

Komandan Pomal Lantamal IX Letkol Laut (PM) Suhirto mengatakan personel yang terlibat dalam Ops Gaktib dan yustisi, harus memiliki kesamaan persepsi dalam proses penegakan dan penyelesaian pelanggaran hukum disiplin dan tata tertib prajurit TNI dengan tetap mengedepankan etika dalam pelaksanaannya, sehingga dapat menjadi contoh bagi institusi lain.

Dengan dilaksanakanya Ops Gaktib di Lingkungan markas komando Lantamal IX Ambon, diharapkan para personel selalu membawa dan melengkapi surat-surat identitas diri, dan dokumen kendaraan dinas maupun pribadi.

Hal itu, dimaksudkan agar personel Lantamal IX Ambon selalu disiplin dan memegang teguh kode etik keprajuritan, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi konsistensi sikap dan perilaku prajurit TNI yang dilandasi dengan tekad untuk patuh kepada hukum dan disiplin prajurit, serta meniadakan segala bentuk pelanggaran.

"Dalam operasi ini prajurit Lantamal IX tidak ada yang melakukan pelanggaran, hal ini menunjukkan bahwa personel Lantamal IX tertib berlalulintas," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017