Ambon, 18/5 (Antara Maluku) - Korem 151/Binaiya menyelenggarakan sosialisasi wawasan kebangsaan dan pemutaran film bagi pelajar SMA Negeri 3 Haruku, di Desa Aboru, Kabupaten Maluku Tengah.

Siaran pers yang diterima Antara, Kamis, menyebutkan kegiatan yang masuk dalam program pembinaan penerangan tahun anggaran 2017 tersebut merupakan salah satu peranan penting Komando Teritorial dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah Maluku.

Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dan pemutaran film itu diikuti oleh 50 pelajar berprestasi yang telah ditunjuk oleh pihak sekolah. Mereka diharapkan dapat menjadi pioner dan pengaruh bagi pelajar lainnya dalam menanamkan wawasan kebangsaan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Haruku, Ellia Soumokil menyampaikan terima kasih kepada Korem 151/Binaiya atas partisipasinya dalam memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada pelajar di sekolah tersebut.

"Kami menyambut baik kegiatan ini, karena sangat bermanfaat dalam menumbuhkembangkan semangat mereka untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memiliki wawasan yang lebih jelas tentang persatuan dan kesatuan dalam keberagaman," katanya.

Ellia menyatakan pemahaman itu diperlukan agar para pelajar lebih siap dalam menghadapi segala sesuatu terutama mencapai cita-cita mereka ke depan.

Kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan dan pemutaran film itu terselenggara atas kerja sama Korem 151/Binaiya dengan pihak SMA Negeri 3 Haruku. Tujuannya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila, yang harus dimengerti dan dihayati oleh generasi penerus sehingga memiliki ketangguhan dalam menghadapi perkembangan zaman serta berguna bagi kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Dalam sosialisasi, Sertu Dimas Ary Setyawan juga mengingatkan para pelajar untuk menjaga kedisiplinan, kepedulian antarsesama, dan kepekaan terhadap perkembangan situasi lingkungan sekitar.

Ketua Osis SMA Negeri 3 Haruku, Anggraini mengaku sangat terkesan dengan adanya sosialisasi tersebut, karena dapat menumbuhkan pemahaman mengenai bela negara.

"Sosialisasi ini memotivasi kami untuk menjadi prajurit TNI, baik perempuan maupun laki-laki," katanya. 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017