Ambon, 6/6 (Antara Maluku) - Sebagian masyarakat kota Ambon mulai beralih membeli ikan asing karena harga berbagai jenis ikan segar yang ditawarkan para pedagang di dua pasar tradisional sangat mahal.

Antara yang memantau di pasar Mardika, Selasa, tercatat harga ikan segar jenis cakalang dengan ukuran bisa mencapai 2 Kg dijual dengan harga Rp100.000/ekor.

Sedangkan yang sudah diberi es batu harganya bervariasi Rp80.000 hingga Rp90.000/ekor tergantung ukuran.

"Kita memang sudah mengetahui mana ikan beku maupun segar dan pasti harganya berbeda, hanya saja terlalu mahal," kata seorang pembeli yang bermukim di kawasan Paradiso, Marry.

Begitu juga dengan ikan sembung lainnya seperti momar dan kawalinya, biasanya dijual dengan harga Rp20.000/tumpuk (enam hingga tujuh ekor), sekarang harganya tetap Rp20.000 tetapi jumlah ikannya hanya empat ekor.

"Pokoknya harga ikan cukup mahal sekarang ini, untuk memenuhi kebutuhan di rumah teristimewa anak-anak yang sudah terbiasa makan harus ada ikan terpaksa beralih ke ikan asin saja," kata Marry.

Ia mengatakan, ikan asin kelihatannya bagus-bagus ada jenis cakalang, lolosi dan sikuda dengan harga yang ditawarkan bervariasi Rp40.000/0,5 KG hingga Rp80.000/Kg. Tinggal memilih saja yang mana disukai, baik ikan cakalang maupun lolosi.

"Saya mau membeli 2 Kg karena ikan asin bisa dimasak berbagai jenis hidangan," ujar Marry.

Agen pemasok ikan asin ke pasar Ambon,Inang Jaya ketika ditemui mengakui kalau ikan asin yang dipasarkan di pasar Ambon dipasok dari Pulau Banda.

"Terserah masyarakat yang mau membeli tinggal memilih, ada ikan asin cakalang Banda, ikan sikuda maupun lolosi dengan harga Rp80.000/Kg, namun masyarakat bisa membeli 0,5 Kg," katanya.

Ada keuntungan membeli ikan asin, lanjutnya, kalau tidak mau makan lagi dan mau diganti dengan ikan segar, maka stok sisa bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Hasil pemantauan ternyata harga telur ayam ras kini masih dijual dengan harga Rp1.600/butir, telur ayam kampung Rp3.500/ butir, daging sapi segar Rp100.000/kg, daging ayam broiler segar yang diproduksi petani lokal bervariasi Rp45.000 hingga Rp65.000/ ekor tergantung ukuran dan daging ayam beku asal Surabaya Rp32.000/kg.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017