Ambon, 8/6 (Antara Maluku) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon melakukan apel siaga angkutan Lebaran 1438 Hijriyah di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, Maluku.

Apel siaga lebaran melibatkan stakeholder di pelabuhan Ambon yakni aparat Kepolisian, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Iv Ambon, Pelni, SAR dan pengguna jasa di pelabuhan guna kesiapan arus mudik dan balik.

Kepala KSOP Ambon Kapten Barlet menyatakan, apel siaga angkutan Lebaran merupakan amanat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar pihak terkait menyiapkan angkutan menjelang lebaran.

"Apel siaga yang dilakukan bersama diharapkan dapat berjalan lancar dan sesuai harapan, sehingga para penumpang dapat melaksanakan perjalanan mudik ke kampung halaman dengan baik," katanya.

Apel siaga yang dilakukan diharapkan terjalin koordinasi terkait keamanan dan kenyamanan penumpang untuk mendapatkan informasi, serta keteraturan aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan.

Pihaknya juga secara intensif akan melakukan pengawasan terhadap pengiriman barang lewat kapal laut.

"Kami bekerjasama dengan KP3 dan Polres untuk melakukan razia di kapal, guna mengantisipasi pengiriman minuman keras, petasan dan barang berbahaya lainnya," katanya.

Pihaknya juga mengimbau perusahaan pelayaran seperti PT Pelni untuk mendata jumlah kapal yang masuk dan keluar pelabuhan.

Selain itu, kapal rakyat yang akan melayari wilayah Maluku diminta memperhatikan kondisi kapal serta kapasitas penumpang agar tidak terjadi penumpukan penumpang di pelabuhan serta mencegah terjadinya kecelakaan di laut akibat penumpang dan barang berlebihan.

"Kami tentu berharap cuaca di Maluku cerah sehingga arus pelayaran dapat berjalan lancar, dan masyarakat dapat menikmati Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman," katanya.

Sementara itu, Manager Operasional PT Pelindo IV Ambon Heryanto menambahkan, pihaknya telah menyiapkan terminal penumpang, parkir serta fasilitas layanan ruang tunggu dan keamanan yang terjamin.

"Seluruh fasilitas pelabuhan yakni terminal penumpang baik kursi dan layanan lain seluruhnya siap untuk angkutan laut lebaran tahun 2017," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017