Ternate, 24/6 (Antara Maluku) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) mengimbau para pemudik untuk mewaspadai cuaca buruk disertai hujan yang akan terjadi hingga Agustus mendatang.

"Para pemudik terutama antarpulau untuk tetap berhati-hati, yang menggunakan kapal cepat pilih yang memiliki fasilitas dan alat keselamatan," kata Kepala BPBD Kota Ternate, Hasyim Yusuf di Ternate, Sabtu.

Dia mengakui, cuaca ekstrem berpeluang terjadi hingga Agustus. Warga yang bermukim di bantaran sungai dan para nelayan juga diminta waspada.

Yusuf juga menjelaskan, bagi warga yang terendam banjir beberapa hari kemarin akan didata untuk mengetahui kerugian yang dialami dan bantuan yang diperlukan.

"Pascalebaran Idul Fitri kami akan melakukan pendataan," katanya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemprov Malut juga meminta para pemudik dari dan ke Ternate untuk mewaspadai cuaca buruk di laut.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Malut Burhan Mansur mengatakan pihaknya sudah menginstruksikan kepada nahkoda speadboat maupun kapal agar tak mengangkut penumpang melebihi kapasitas dan harus menyediakan alat keselamatan.

Ia menegaskan, khusus bagi nahkoda speadboad rute Ternate-Sofifi wajib hukumnya melengkapai life jaket penumpang.

"Saya sudah tekankan kapal motor rute Ternate ke sembilan kabupaten tetap menyediakan kelengkapan pengamanan keselamatan dalam melakukan pelayaran," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017