Langgur, 13/7 (Antara Maluku) - Petrus Beruatwarin menyatakan dirinya siap memimpin Kabupaten Maluku Tenggara dan menjadikan daerah itu maju, sejahtera dan memiliki daya saing.

"Saya ingin melanjutkan visi dan misi pemerintahan saat ini yang ingin menjadikan Maluku Tenggara kabupaten yang sejahtera, dan ingin meningkatkannya supaya memiliki daya saing," kata Petrus, usai mengembalikan formulir bakal calon Bupati Maluku Tenggara periode 2018-2023 di Partai Nasdem setempat, Kamis.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara itu mengatakan dirinya sudah cukup mengerti berbagai permasalahan di daerah ini dan telah mengidentifikasi serta menginventarisir hal-hal yang akan dijadikan program prioritas, bila kelak dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin selama lima tahun ke depan.

"Saya juga berada di dalam pemerintahan saat ini, dan saya bertekad melanjutkan visi misi yang ada dan meningkatkannya demi kesejahteraan masyarakat daerah ini," katanya.

Petrus lebih jauh mengaku telah mendaftarkan diri pula di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

"Jadi saat ini saya telah terdaftar di tiga partai politik, yakni PDIP, Gerindra dan Nasdem (Nasional Demokrat)," katanya.

Ditanya alasan mendaftar di Partai Nasdem, Petrus mengatakan partai politik besutan Surya Paloh itu memiliki lima kursi keterwakilan di DPRD Malra atau satu fraksi utuh.

Selain itu, Nasdem seperti parpol lainnya pun mengutamakan hasil survei untuk mencalonkan seorang bakal calon kepala daerah.

"Tetapi saya tertarik mekanisme Nasdem yang terbukti kemarin menang di lima wilayah di Maluku. Alasan berikutnya, Nasdem tidak membebankan bakal calon dengan mahar dan setoran," katanya.

Menyangkut rekomendasi, Petrus mengaku sudah mengetahui ada 12 bakal calon bupati dan 10 bakal calon wakil bupati yang mendaftar di Partai Nasdem, namun optimistis memiliki elektabilitas lebih tinggi.

"Ini menyangkut tingkat pengenalan, kesukaan, dan tingkat keterpilihan berdasarkan survey yang saya buat, dan saya berada di urutan pertama," katanya.

Petrus menambahkan, dirinya juga berkomunikasi dengan PPP, PAN, PKB, Demokrat, Golkar, juga dengan para bakal calon lain yang sudah menyatakan maju di Pilkada semata-mata untuk menyejahterakan masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara.

"Yang jelas motto saya adalah kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja sama dan kerja tuntas," katanya. 

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017