Saparua, 15/7 (Antara Maluku) - Dalam rangka meramaikan kegiatan lomba renang dan lari Pattimura Aquathlon 2017 di Saparua, Maluku Tengah, Kodam XVI/Pattimura selaku penyelenggara juga menggelar Pesta Rakyat berupa pentas musik.

Belangsung di Lapangan Pattimura di kawasan Benteng Duurstede, Jumat malam, acara tersebut diisi penampilan artis-artis lokal Maluku seperti The One, Sangsaka, Patatas, Tikang Palungku, Kea, JP (Jang Parlente) Band, dan Glenn Fredly, penyanyi dan pencipta lagu asal Maluku yang populer di kancah musik nasional maupun internasional.

Acara dibuka dengan Tarian khas Negeri Ihamahu, dan dilanjutkan sambutan oleh Danrem 151 Binaiya, Kolonel Inf. Christian K. Tehuteru.

Danrem Christian mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan tersebut selain untuk memperingati 200 tahun perjuangan Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura dan Hut Kodam XVI/Pattimura, juga suatu ajang guna memperkenalkan keragaman budaya dan mempromosikan Pulau Saparua sebagai destinasi Wisata yang ada di Maluku.

"Pesta Rakyat malam ini untuk menghibur seluruh warga yang ada di Saparua, berkaitan dengan Lomba Pattimura Aquathlon Tahun 2017," katanya.

Turut hadir pada acara tersebut Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo bersama ibu, Irdam XVI/Pattimura bersama ibu, Danrindam XVI/Pattimura, Para PA Ahli, Para Asisten, Kabalak, Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Selain itu, Raja Saparua Oni Titaley beserta tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Oni Titaley dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Panglima Kodam XVI/Pattimura atas diselenggarakannya Lomba Aquathlon Tahun 2017 di Negeri Saparua, yang diikuti ratusan peserta baik dari dalam maupun luar negeri.

"Lewat kegiatan ini kami berharap Saparua akan semakin dikenal oleh masyarakat luas," katanya.

Berdasarkan data dari panitia lomba, Pattimura Aquathlon 2017 diikuti 517 peserta, terdiri dari 413 anggota TNI/Polri, 17 atlet nasional, 82 warga sipil, dan lima warga negara asing.

Pada 2016, Kodam XVI/Pattimura juga menggelar Lomba Nusalaut Triathlon dan Salahutu Aquathlon. 

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017