Ternate, 14/8 (Antara Maluku) - Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), Muhammad Natsir Thair di Tobelo, Halmahera Utara, Minggu, menutup Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) II.

Siaran pers Humas Pemprov Malut yang diterima Antara di Ternate, Senin, menyatakan acara penutupan di lapangan Do`omu Ma`tau itu dihadiri Bupati Halmahera Utara, Frans Manery, Ketua KONI Maluku Utara, Jafar Umar, Wakil Bupati Halmahera Utara, Muchlis Tapi Tapi, Forkopimda Halmahera Utara, beberapa perwakilan kontingen dari kabupaten/kota se-Maluku Utara.

Kontingen Halmahera Utara meraih medali terbanyak yakni 70 emas, 47 perak dan 75 perunggu dan tampil sebagai juara umum.

Wagub M Natsir Thaib mengatakan, Porprov merupakan kegiatan yang menjadi ajang seleksi bagi putra-putri terbaik Malut untuk bisa mengharumkan nama daerah di tingkat lebih tinggi.

"Saya ucapkan selamat kepada kontingen Halmahera Utara yang berhasil juara umum para Porprov Malut ke II ini dan apresiasi kepada tuan rumah," katanya.

"Selama kegiatan ini berlangsung, saya nilai sangat baik dan sukses serta tak lupa pula selamat saya ucapkan kepada atlet yang berprestasi. Terus berlatih dengan penuh semangat dan disiplin. Kepada atlet yang belum berhasil terus jangan putus asa," katanya.

Menurut dia, Pemprov Malut memberikan apresiasi kepada pengurus KONI Malut atas komitmen memajukan olah raga di daerah itu sehingga ke depan bisa lahir atlet profesional.

Ketua KONI Maluku Utara, Jafar Umar mengatakan Porprov ke II di Halmahera Utara menjadi catatan penting karena Pemerintah Kabupaten sangat mendukung hingga akhir pelaksanaan penutupan berjalan sukses.

"Pengurus KONI Malut mengucapkan terima kasih kepada Pemda Halut, serta masyarakat yang telah mendukung, sehingga Porprov berjalan dengan baik," ujar Jafar Umar.

Setelah Halmahera Utara, perolehan medali terbanyak kedua diraih Kota Ternate dengan 50 emas, 59, Perak, 76 perunggu, kemudian Halmahera Barat (28 emas, 36 perak, 43 perunggu), Halmahera Timur (13 emas, 8 perak, 8 perunggu).

Selanjutnya Halmahera Selatan meraih 11 emas, 11 perak, 26 perunggu, Halmahera Tengah (6 emas, 4 perak, 3 perunggu), Halmahera Tengah (4 emas, 6 perak, 14 perunggu), Kepulauan Sula (3 emas, 4 perak, 11 perunggu).

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017