Ternate, 26/8 (Antara Maluku) - Personel TNI jajaran Korem 152/Babullah Maluku Utara (Malut) dan Koramil 1509-03/Bobong membantu masyarakat yang tertimpa bencana akibat banjir di wilayah Bobong, Kabupaten Pulau Taliabu.

Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Joni Widodo melalui siaran pers yang diterima Antara, Sabtu, mengatakan, banjir terjadi akibat intensitas curah hujan tinggi sehingga air meluap dan menggenangi perumahan warga sampai setinggi pinggang orang dewasa.

Sehubungan dengan kejadia itu, Personel TNI dari Koramil Bobong bersama unsur SAR lainnya mengevakuasi ke tempat yang lebih aman serta menyalurkan bantuan berupa bahan makanan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Taliabu.

Setelah genangan air berangsur-angsur surut, warga kembali ke rumahnya masing-masing.

Dia mengatakan, upaya ini merupakan salah satu tugas TNI yang diamanatkan dalam Undang-undang untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang, di antaranya penanggulangan Bencana Alam.

"Oleh karenanya kita senantiasa bersinergi dengan seluruh pihak untuk melakukan langkah dalam penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah jajaran Kodim 1509/Labuha," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Ternate, Mustari ketika dihubungi secara terpisah menyatakan, sesuai data yang disampaikan dari BPBD Taliabu untuk korban pengusian, terisolir, korban kerusakan masih dalam proses pendataan.

"Dinas Sosial Taliabu memberikan bantuan makanan siap saji dengan mengerahkan 50 orang anggota," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017