Ambon, 30/1 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memfungsikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di dusun Airlouw, kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

"Kita mulai memfungsikan Puskesmas Airlouw pada 2018 untuk perawatan rawat jalan bagi masyarakat di dusun itu dan sekitarya, dengan menempatkan tenaga kesehatan dokter dan perawat," kata Plt Kadis Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, Selasa.

Puskesmas Airlouw difungsikan untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan.

"Puskesmas di daerah tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat lokasinya cukup jauh jika harus melakukan pengobatan di pusat kota sehingga segara difungsikan," ujarnya.

Pembangunan Puskesmas perawatan merupakan bagian dari upaya Pemkot Ambon mendukung dan mewujudkan program prioritas yakni memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang sejalan dengan visi dan misi Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan kepada masyarakat.

"Kita harus bersyukur karena lahan yang digunakan untuk membangun Puskesmas seluas satu hektare itu merupakan tanah hibah dari pemerintah negeri setempat kepada Pemkot Ambon, selanjutnya kita berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Wendy menjelaskan, Puskesmas Airlouw dibangun secara bertahap sejak 2012, dimulai dengan pembangunan fisik gedung, dilanjutkan dengan pengadaan fasilitas dan peralatan kesehatan penunjang perawatan.

"Pembangunan Puskesmas dilakukan secara bertahap dan pelayanannya bukan untuk saat ini tetapi berjangka, mengingat lokasinya saat ini belum banyak penduduk, tetapi ke depan dalam tahapan pembangunan rumah penduduk," katanya.

Pihaknya akan menambah sarana dan prasarana pendukung di Puskesmas Airlouw sehingga kedepan bukan hanya untuk perawatan jalan tetapi rawat nginap juga dapat dilakukan di sini.

Sebelumnya, Pemkot Ambon telah membangun Puskesmas rawat nginap di Negeri Hutumuri, kecamatan Leitimur Selatan guna membantu masyarakat setempat khusus dalam kondisi darurat.

"Sesuai rencana dalam waktu dekat juga akan dibangun Puskesmas rawat inap di Desa Tawiri Kecamatan Teluk Ambon," tandas Wendy.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018