Ternate, 15/2 (Antara) - Perayaan tahun baru Imlek 2569 di Ternate, Maluku Utara (Malut) diramaikan dengan pertunjukan barongsai, usai persembahyangan di Klenteng Ibu Suri Agung Ternate.

Sekretaris Majelis Konghucu Indonesia (Makin) Ternate, Boy Ang di Ternate, Kamis, mengatakan, pertunjukan barongsai meramaikan perayaan Imlek setelah umat Konghucu melaksanakan persembahyangan dan dirangkaikan dengan hajatan silaturahmi untuk mempererat persaudaraan.

"Memang, perayaan tahun baru Imlek di sini tidak semeriah di berbagai kota di Indonesia, tetapi ini momentum bagi keluarga besar Konghucu untuk berkumpul dan makan bersama," kata Boy Ang.

Dia mengatakan, Umat Konghucu di Ternate malam ini menggelar dua kali persembahyangan  pertama untuk syukur tutup tahun 2568 pada pukul 23.00 wit dan persembahyangan kedua buka tahun 2569 dan dihibur dengan pagelaran barongsai yang didatangkan dari Manado.

Dalam perayaan tahun baru Imlek ini, seluruh umat Konghucu di Kota Ternate menyajikan pemandangan yang menarik, dimana semua rumah disediakan lampion dan pernak-pernik sebagai bentuk memeriahkan tahun baru Imlek di Ternate.

Dia mengatakan, dalam memeriahkan pergantian tahun dari 2568 ke 2569 pada Kamis malam digelar pesta kembang api yang dipusatkan di Klenteng Ibu Suri Agung.

Pada perayaan Imlek tahun 2569 ini, ratusan umat Konghucu berkumpul di Klenteng yang kemudian bersama-sama gelar pesta kembang api yang disaksikan ratusan warga setempat.

Mantan anggota DPRD Kota Ternate ini menambahkan, untuk ibadah Imlek tahun ini, yang dikenal dengan tahun anjing, dilakukan 175 jiwa umat Konghucu di daerah ini secara sederhana.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018