Ternate, 13/6 (Antaranews Maluku) - Unit Penyeleggara Bandara (UPBU) Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) menyebut, arus mudik lebaran Idul Fitri, penumpang yang menggunakan pesawat udara pada H-2 melonjak.

"Melonjaknya penumpang hingga mencapai di atas 1.400 penumpang per hari atau di atas 50 persen," kata Kepala UPBU Sultan Babullah Ternate, Usdek Luthermand di Ternate, Rabu.

Oleh karena itu, dengan melonjaknya penumpang arus mudik ini, pihaknya telah menyediakan posko lebaran untuk memberi kemudahan bagi calon penumpang yang akan ke berbagai kota lainnya di Indonesia untuk mendapatkan tiket.

Menurut dia, sesuai laporan yang diterima pada sejumlah maskapai kalau hingga empat hari terakhir seluruh kursi telah terisi penumpang baik yang akan ke berbagai kota maupun ke Kota Ternate.

Kendati demikian, kata Usdek, sesuai catatan arus mudik dari Ternate ke berbagai kota meningkat pesat seperti untuk tujuan Makassar, Surabaya maupun ke Jakarta.

Sementara itu, Kepala Cabang PT Pelni Cabang Ternate, Beny Baskoro ketika dihubungi terpisah mengatakan, para penumpang dari dan ke Ternate menggunakan Kapal PT Pelni alami peningkatan, terutama untuk tujuan Ambon, Bitung dan Bau-Bau.

KM Sinabung misalnya sejak (11/6) lalu mobilisasi pemudik menggunakan KM Labobar tujuan Bitung penumpang dari dan ke Ternate mencapai 750 lebih penumpang.

Selain itu, untuk KM Doloronda tujuan Ternate-Ambon mengangkut penumpang di atas 800 orang dan tujuan Bau-Bau mencapai 500 lebih, bahkan, kapal tersebut mengangkut penumpang hingga ke Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Sementara itu, arus mudik dari Ternate ke berbagai daerah lainnya di Malut semakin meningkat terutama rute antar-pulau di Malut, terpantau di sejumlah pelabuhan di daerah ini semakin padat.

Kasit Keselamatan Pelayaran Syahbandar Pelabuhan Bastiong Ternate, Daud Iskandar Alam ketika dihubungi menyatakan, penumpang dari Ternate ke Halmahera Selatan setiap tahun selalu terjadi lonjakan penumpang maka pihaknya menerjunkan seluruh pegawai di lapangan untuk mengamankan, terutama soal keselamatan.

Meningkatnya arus mudik ditambah dengan terbatasnya armada kapal, sehingga pihaknya akan terus pantau jika terus terjadi kepadatan penumpang maka pihaknya akan menyiapkan penambahan armada kapal, terutama untuk calon penumpang dari Ternate tujuan Babang, Pulau Bacan dan dari Ternate tujuan Pulau Obi.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018