Saumlaki, 20/7 (Antaranews Maluku) - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) menggelar seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap II, dilaksanakan di gedung kesenian Saumlaki, Jumat.

Proses seleksi yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Pengelola Sumber Daya Mansuai (BKPSDM) MTB itu diikuti 2.090 orang, yang sebelumnya telah dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

Antara melaporkan, ribuan peserta itu menjalani dua tahap seleksi, yakni tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang.

"Proses perekrutan P3K tahun ini untuk mengisi sekitar 106 formasi jabatan yang dibutuhkan Pemerintah Daerah. Proses seleksi ini sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku dengan mengedepankan asas keadilan dan kepatutan sehingga dipastikan semua calon pelamar yang telah memenuhi syarat secara administrasi memperoleh kesempatan untuk mengikuti selesksi," kata Sekretaris Daerah MTB, Piterson Rangkoratat saat membuka kegiatan tersebut.

Menurut dia, jumlah peserta seleksi terbilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jumlah formasi yang dibutuhkan. Hal ini menunjukkan animo pencari kerja di daerah MTB masih ?sangat tinggi, di samping keinginan lain dari pelamar untuk mengaplikasikan ilmu yang dimiliki untuk bangsa dan negara terutama bagi Kabupaten MTB.

Karena proses seleksi dilakukan secara profesional, selektif dan penuh persaingan, maka seluruh peserta diharapkan lebih teliti dalam mengerjakan soal tes, sehingga pada waktunya jika dinyatakan lulus seleksi, maka tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai pengawai kontrak dapat dikerjakan secara baik dan benar.

Tanggung jawab yang dibebankan kepada PPPK tidak berbeda jauh dengan beban dan tanggung jawab yang diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), sesuai kapasitas dan bidang ilmu yang dimiliki.

"Segera setelah selesai tes hari ini maka hasilnya akan diumumkan, karena setelah melalui tahapan tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang maka akan dilanjutkan dengan tes wawancara untuk formasi tertentu yang secara teknis nantinya akan dilakukan pada SKPD sebagaimana pelamar memasukkan lamarannya," katanya.

Sekda berharap agar peserta yang lulus tes nantinya memiliki kualifikasi dan kualitas yang memadai untuk mendukung tugas-tugas pemerintahan pada semua SKPD sesuai penempatannya.

Informasi yang disampaikan Tim Humas Media Setda MTB menyebutkan bahwa materi ujian/tes yang disusun atau dibuat tersebut merupakan kerja sama antara BKPSDM dengan SKPD terkait di lingkungan Pemkab MTB.

Pelaksanaan tes tersebut diawali dengan proses registrasi ulang sejak pukul 06.30 WIT, dan dilanjutkan dengan tes kompetensi dasar selama 45 menit, disesuaikan dengan disipilin ilmu dan formasi yang dilamar.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018