Ternate, 22/7 (Antaranews Maluku) - Kementerian Agama (Kemenag) Maluku Utara (Malut) memrioritaskan pelayanan bagi Jamaah Calon Haji (JCH) asal Maluku Utara (Malut) khususnya untuk para lanjut usia (lansia) selama mereka berada di Tanah Suci.

Kasi Info Haji Kemenag Malut Tamhid Abubakar di Ternate, Minggu, menyatakan?? tahun 2018 untuk meningkatkan pelayanan yang efektif kepada para JCH dengan? meminta Bandara Sultan Babullah Ternate menyediakan alat pemeriksaan X-ray boxtrun meterdeteksi di gedung Duafa Center untuk memeriksan cek in barang-barang para CJH tersebut.

Sebab, selama ini terjadi pada setiap musim haji itu para CJH harus melewati fase pemeriksaan barang-barang di pintu penumpang Bandara Sultan Babullah Ternate, sehingga sering mengalami antrean panjang. Karena itu, untuk memudahkan CJH maka harus disediakan alat X-rayboxtrun meterdeteksi di gedung Duafa Center.

"Selain itu, sebelumnya mereka dalam keadaan sehat namun karena keberangkatan mereka dari daerah asal yang menggunakan transportasi laut yang membutuhkan waktu satu malam, sehingga mereka mengalami masalah kesehatan, terutama rasa pusing dan lemas," ujarnya.

Seorang petugas kesehatan Malut, Syarif Magrif ketika dihubungi menyatakan, masalah yang sering kali terjadi selama ini setiap pada musim haji adalah masalah kesehatan karena sebagian besar dari para CJH itu sudah lansia, sehingga ini akan menjadi prioritas tim kami untuk melakukan pengawasan dan pendampingan yang serius.

Menurut dia, setelah mereka mengalami gangguan kesehatan, pihaknya langsung bergerak cepat melakukan penanganan di Rumah Sakit Chasan Boesori Ternate dan Alhmdulillah mereka sembuh sehingga mereka dinyatakan diberangkatakan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Makassar.

Selain itu, jumlah CJH Malut yang dilaporkan menggunakan kursi roda kurang lebih sembilan orang yang masing-masing mereka berasal dari Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Selatan, Kota Tidore Kepulauan dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Sebelumnya, Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Usdek Luthermand menambahkan untuk meningkatkan pelayanan yang efektif maka pihaknya akan mengupayakan tempat khusus kepada keluarga CJH yang datang menyaksikan keberangkatan mereka di bandara karena selama ini terjadi pihaknya khawalahan saat membludaknya para pengunjung atau keluarga CJH yang memadati areal bandara.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018