Ambon, 7/8 (Antaranews Maluku) - Perahu layar Antipodes dengan Nakoda Geoff Hill menjadi peserta pertama yang memasuki garis finis di pantai wisata Negeri Amahusu, Kota Ambon, pada lomba layar Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) tahun 2018.

Rencana penyambutan peserta lomba layar yang masuk finis hari ini, Selasa (7/8) oleh Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler bersama warga Kota akan berlangsung di pantai wisata Negeri Amahusu.

"Kemungkinan perahu peserta kedua yang akan masuk berikutnya diperkirakan pada malam hari, sebab posisi beberapa perahu peserta masih berada di kawasan laut Banda," kata seorang Panitia lokal lomba layar di Amahusu, Selasa.

Peserta lomba layar Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2018, lanjutnya, dilepas dari pelabuhan Stokes Hill Wharf Darwin Australia, Sabtu.

Pelepasan peserta SIDAYR 2018 dilakukan oleh Pemerintah kota Darwin, Konsulat RI di Darwin, Northern Territory Australia, bersama perwakilan tim Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Sekretaris Komite lomba layar internasional Darwin - Ambon, Edi Tasso di Ambon mengatakan, Sebanyak 13 perahu telah dilepas untuk mengikuti lomba layar tahunan dari Darwin menuju negeri Amahusu, kecamatan nusaniwe kota Ambon.

"Sesuai prediksi tanggal 6-7 Agustus perahu layar akan tiba di pantai Amahusu kecamatan Nusaniwe," katanya..

Setelah semua peserta masuk finis di Pantai Negeri Amahusu, akan dilanjutkan dengan kegiatan yang telah dijadwalkan komite dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated, di antaranya "Welcome Ceremony", makan malam bersama peserta lomba dan sejumlah kegiatan olah raga.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018